Pakistan Terima Tiga Helikopter Serang Z-10 China

Friday, April 03, 2015
Pakistan dilaporkan telah menerima tiga helikopter serang Z-10 China. Z-10 akan menggantikan helikopter Cobra buatan Amerika.

Z-10

Sesuai dengan kontrak pada Januari lalu, China telah mengirimkan tiga helikopter serang Z-10 "Thunderbolt" kepada Pakistan, yang merupakan sekutu dekat dan menjadi pembeli terbesar senjata China, Popular Science melaporkan.

Z-10 yang mampu melakukan misi anti-tank dan udara-ke-udara, saat ini berada di sebuah pangkalan Angkatan Darat Pakistan di Qasim/Dhamial untuk menjalani pengujian, pelatihan pilot, pemeliharaan dan modifikasi untuk beroperasi di pegunungan Khyber Pakistan.

Seperti halnya helikopter serang modern lainnya, Z-10 membawa berbagai macam rudal dan roket, seperti rudal HJ-10 anti-tank, dan senapan rantai (chain gun) 23 mm, yang dapat memuntahkan sekitar 600 8oz shell per menit. Z-10 dibangun oleh Changhe Aircraft Industries Corporation China, dengan input desain dari Biro Desain Kamov Rusia.

Dengan persenjataan berat kanon 23 mm, dan lebih dari satu ton senjata pandu seperti rudal HJ-10 anti-tank, roket 57 mm, dan rudal TY-90 udara-ke-udara, Z-10 merupakan helikopter serang garis depan China, menggantikan Z-9 dari era Perang Dingin.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments:

Sial Kampret said...

Ini mimin nya kemana ya ?

Shauky Mubarak said...

wah udah dari april nih lom update berita lagi.. lagi sibuk ya om admin.. ditunggu lho buat eksis lagi...

Unknown said...

situs ini sdh almarhum... mohon dimaklumi.

Post a Comment