5 Senjata NATO yang Patut Ditakuti Rusia

Sunday, July 13, 2014
Seandainya terjadi perang antara NATO dan Rusia, karena konflik di Ukraina atau konflik lainnya, perhatian semua orang akan fokus untuk membandingkan kekuatan tempur AS dibandingkan Rusia. Tapi tunggu dulu, Amerika memang anggota NATO tapi Amerika tidak berada di benua Eropa. Diluar keikutsertaan Amerika dalam perang NATO-Rusia, dibawah ini adalah 5 senjata NATO yang patut dikhawatirkan Rusia, yang diungkapkan oleh laman National Interest:

Tank Chalenger 2
Tank Chalenger 2. Gambar: Cpl Kellie Williams, RLC/MOD/Wiki
Tank Challenger 2 Inggris

Menjadi tulang punggung kekuatan tank Inggris, Challenger 2 akan berada di garis depan ketika terjadi konflik NATO dengan Rusia.

Bodi Tank Challenger 2 terlindungi dengan Dorchester (sebutan lain untuk lapis baja komposit Chobham), dan dipersenjatai dengan meriam 120 mm. Tank ini memiliki kecepatan off-road sekitar 40,2 km per jam.

Mengingat tank-tank modern saat ini belum pernah berhadapan langsung di medan tempur, namun analis menilai Challenger 2 merupakan tank terbaik untuk menghadapi tank-tank Rusia. Dengan bobot di kisaran 63 ton, Challenger 2 masih lebih berbobot dibandingkan tank T-72 Rusia yang 40-50 ton, termasuk T-72B3 dan T-90.

Bobot yang unggul memang belum menunjukan Challenger 2 unggul atas tank Rusia dalam hal kinerja tempur. Tapi yang jelas ketika sudah saatnya berhadapan, tank Rusia berarti akan menghadapi tank tempur utama yang memiliki lapis baja dan persenjataan yang canggih.

Tapi seperti biasa, musuh terbesar militer Inggris adalah dari dalam negeri. Pada tahun 2010 lalu, kebijakan pemotongan anggaran pertahanan telah memaksa Inggris memangkas 40% armada tanknya, menempatkan Inggris kini hanya memiliki 227 tank Challenger 2. Rencana Inggris untuk mengupgrade dan memperpanjang usia pakai Challenger 2, termasuk mengganti meriamnya dengan smoothbore, kini menguap di udara. Rusia mungkin akan berhadapan dengan tank-tank mematikan Inggris ini, tapi tentunya dengan jumlah yang tidak besar.

Kapal selam Tipe 212 Jerman
Kapal selam Tipe 212 Jerman. Gambar: Radiculus/Wiki
Kapal selam Tipe 212 Jerman

Jika terjadi perang antara NATO dan Rusia, Angkatan Laut Rusia akan berhadapan dengan kapal selam ultra-quiet Tipe 212 Jerman. Tipe 212 juga dimiliki oleh Angkatan Laut Italia dengan nama Todaro.

Tipe 212 yang berbobot benaman 1.830 ton (saat menyelam), dilengkapi dengan sistem air-independent propulsion (AIP) yang memungkinkannya untuk tetap menyelam dalam waktu yang lama. Sementara kapal selam U-Boat Jerman saat Perang Dunia II berjalan lambat ketika menyelam, Tipe 212 bisa berjalan dengan kecepatan 37 km per jam.

Tipe 212 dipersenjatai dengan torpedo DM2A4 wire-guided, serta torpedo Blackshark dan WASS A184 Mod.3. Tipe 212 juga direncanakan akan dilengkapi dengan rudal IDAS (pengembangan dari rudal IRIS-T), yang ditembakkan dari tabung torpedonya untuk memukul target di udara, darat dan laut. Kapal selam Tipe 212 akan menjadi salah satu senjata NATO yang harus diperhitungkan Rusia.

Eurofighter Typhoon
Eurofighter Typhoon. Gambar: Ronnie Macdonald/Wiki
Eurofighter Typhoon

Berbicara tentang perbandingan kekuatan tempur udara NATO dan Rusia pasti akan mengarah ke pernyataan "F-22 akan berhadapan dengan Su-35." Namun, karena hanya AS yang menggunakan F-22, pilot Rusia tampaknya lebih mungkin akan berhadapan dengan jet tempur Typhoon, bukan Raptor.

Typhoon saat ini digunakan oleh Angkatan Udara Inggris, Jerman, Italia dan Spanyol. Inggris dan Jerman merupakan anggota NATO yang lebih mungkin menghadapi Rusia di Eropa Timur. Meskipun bukan jet tempur siluman seperti Raptor, namun Typhoon dinilai lebih "dogfighter" ketimbang F-22.

Bersenjatakan kanon 27 mm dan berbagai rudal, seperti Sidewinder, AMRAAM dan Meteor untuk pertempuran udara-ke-udara, dan rudal Taurus dan Storm Shadow untuk target di darat, Typhoon menjadi lawan yang harus dikhawatirkan Rusia. Mengingat Su-35 Rusia adalah jet tempur "super manuver," pertempurannya dengan Typhoon akan menarik.

Eurocopter Tiger
Eurocopter Tiger. Gambar: Arnaud Lambert/Wiki
Eurocopter Tiger

Kecil, dan bobotnya hanya sekitar 60% dari helikopter AH-64 Apache AS, Eurocopter Tiger adalah hasil pengembangan bersama Perancis-Jerman yang mulai dioperasikan pada tahun 1991. Helikopter serang ini digunakan oleh Perancis, Jerman, Italia dan Australia.

Dengan kecepatan sekitar 290 km per jam, berbagai versi helikopter Tiger dipersenjatai dengan rudal anti tank Hellfire, Spike, PARS 3 and HOT 3, rudal udara ke udara Mistral dan roket Hydra 70 dan SNEB untuk serangan ke darat.

Tiger telah terjun dalam beberapa pertempuran terbatas selama operasi Perancis dan Jerman di Afghanistan dan Libya. Ketika perang NATO dan Rusia terjadi, Tiger patut dikhawatirkan armada tank Rusia.

Rudal Spike Israel

Mengapa rudal Israel ini masuk dalam kategori senjata NATO yang mematikan? Tidak lain karena rudal Spike digunakan oleh banyak anggota NATO, seperti Belgia, Inggris, Kroasia, Jerman, Italia, Belanda, Polandia, Portugal, Slovenia, dan Spanyol.

Spike yang bisa diluncurkan dari helikopter dan man portable ini adalah rudal anti tank fiber-optic wire-guided berhulu ledak tandem dengan dua shaped charges, yang pertama akan meledakkan lapis baja reaktif pada tank, dan kemudian menembus baju besi tank. Tersedia dalam berbagai versi, jarak pendek, menengah dan jarak jauh. Spike dapat menghantam target pada jarak 800 m hingga 8 km.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

50 comments:

indonesian piping knowledge said...

yang tank menurut saya paling keren gan.

Koran Gadget said...

ngeri

Anonymous said...

Kemana rudal balistik, ICBM Inggris dan Francis mereka kan negara nuklir..
?
Kapal selam nuklir Inggris dan Francis juga ada.
Satu lagi Rafale yg sudah battle proven di Libya
yg berhasil menembus sistem pertahanan buatan Rusia disana
mengebom sistem radar dan target strategis di libya.

Anonymous said...

Nato akan berpikir ribuan kali untuk menyerang Rusia, karena bagaimanapun kepentingan dalam negeri lebih diutamakan oleh anggota Nato

Muhammad Taher said...

Mantap

Danang SA said...

dan saat topol-m / satan nya russia meluncur, lalu
boooommmmmmm..
selesai :v

Adam Dhea said...

Beritanya ngawur

Anonymous said...

Leopard bykkan dipakai malah ktimbang chalenger,,
kecil kmungkinan perang, udh slg ketergantungan.. klwpun nato vs ruski perang, adanya rugi semua. apalagi klw udh maenan nuklirnya dipake..

Efran Syah said...

Hehe.........

Anonymous said...

mana berani Nato lawan Rusia...
mau nyerang Suriah aja ya cuma gertak sambal....

Abraham Worang said...

Bung Anon, semua negara juga begitu kale..kebijakan LN demi kepentingan dalam negeri..

Abraham Worang said...

Rusia mana berani sama nato, mau nyerang ukraina aja cuma gertak sambal..hahaha

Anonymous said...

Berita sotoy... Gw rasa NATO ga punya nyali ntuk nyerang rusia... Bukti nyata dengan suriah yang punya sedikin senjata dr rusia NATO cuma ngemeng doang ga berani nyerang kan sampy sekarang yang bikin berita ni BODOH.. Klo rusia lawan ukraina tu cuma masalah politik aja bukan masalah berani pa ngaknya... Yang bilang ga berani berarti tu orang BODOH juga ga ngerti kekuatan rusia ma ukraina... Klo bener2 nyerang gw rasa cuma sehari selesy tu ukraina karena dr segi apapun ga sebanding alustista maupun personiln...

Anonymous said...

Berita bodoh...

Anonymous said...

ini mah perang urat saraf,
buat suasa tegang, pamer senjata...
intinya keduanya promosi senjata untuk dijual...
lagu lama mreka berdua dari tahun jebot...

Anonymous said...

hore ...ukraina udah di cekeeek ama rusia

Anonymous said...

luncurkan saja rudal nuklir nya dari luar angkasa russia. Rudal Nuklir bekas uni soviet kan sangat banyak. Buat seperti meteor jatuh. Gak bakal tertangkis ama dajjal as

Anonymous said...

Kenapa Indonesia jaman bung karno di takutin ? ya karena peralatan yg Rusia cuma kasih buat Indonesia pada waktu itu dan satu satunya bahkan di Asia Tenggara yg kapal selam nya bantuin Pakistan untuk siap lawan India..
dan kenapa AS plin plan jaman krismon pake embargo F-16 tapi pas Indonesia beli Sukhoi kaget dan takut bahkan ngemis minta maaf ngasih hibah sparepart gratis.. AS modar lawan Rusia

Anonymous said...

Mulai dari pesawat luar angkasa Sputnik pertama di dunia sampai ke teknologi lainnya seperti helikopter terbaik dunia dapet guiness book.. sampe pespur sukhoi tercanggih dannnn senjata AK-47 terbaik dunia adalah Russia.. seandainya bung karno masih ada dijamin Russia patuh dan ngasih apapun buat Indonesia ya hanya Indonesia..

Anonymous said...

kita liat aja nanti siapa yg terbaik klo emang bener2 jd perang..

Anonymous said...

Rusia ama NATO sama" nggak berani.. semuanya cuma gertak sambel...

Anonymous said...

Kalau Nato lawan Rusia jelas nato yg hangus,harus di ingat bahawa nuklir Rusia cukup untuk membunuh benua Eropah.
dan harus di ingat,2/3 gas yg di pakai negara Eropah berasal dri Rusia.Jadi..., kebayang apa kan terjadi jika Rusia mengEMBARGO GASnya.

Anonymous said...

ingat satu bom hidrogen dari rusia sudah bisa menghancurkan inggris dan rusia memiliki lebih dari seribu bom seperti ini. kemungkinan yang akan terjadi jika pecah perang adalah NATO termasuk amerika akan menang tetapi menjadi arang dan Russia kalah menjadi abu. akhirnya yang untung adalah china

Anonymous said...

russian's topol

Anonymous said...

malay juga cuma berani gertak sambel ama INA

Anonymous said...

Mikirin dunia damai aja...enggak ada perang-perangan,..tuh contohnya ISIS sudah akan membuat negara khalifah...?malah ISIS lebih kuat daripada NATO loh..?

Anonymous said...

Karena nuklir tidak termasuk dalam penilaian kekuatan militer

Anonymous said...

Gimana negara yg terisolir yg dihina yg dihujat PBB gak balik badan minta perlindungan ke Russia contohnya ya Iran, China, Korut bahkan nambah India Brasil Afsel mendirikan kelompok BRICS saingan G20.. Disitu ada 2 negara pemegang hak veto PBB China (Tiongkok) dan Russia.. Amrik kegayaan semua menyombongkan diri mahal barangnya seakan akan prestisius lah prettt.. Jangan sampai ada pihak yg pro ke barat karena apa, indonesia tidak pernah pro barat dari jaman kemerdekaan..hanya orde baru saja yg pro barat tp Russia tidak ngambek gak pake embargo segala, yg kedua, karena indonesia bukan negara persemakmuran dan apapun organisasi persemakmuran seperti Singapur Malaysia Australia yg bergabung dan menyatakan siap menyerang membantu apabila satu negara nya persemakmuran terserang.. Hanya satu pilihan nya negara timur di belahan utara diselimuti salju itulah persenjataan terbaik di buat bahkan siap berbagi ilmu (share) militer.. Jangan sampe ada oknum "pak udah pilih senjata amrik aja lah kaya di pilem pilem walau banyak perjanjiannya hampir semua negara persemakmuran (commonwealth) + israel pake produk amrik lho, giliran di embargo atau dollar naik gigit jari" hahaha.. Russia adalah penyabar dan baik hati sama indonesia.. Sekarang Malay juga pesen lho ke Russia.. Hadehh indonesia harusnya request dong "saya mau beli produk mu siapkan yg beda dari negara tetangga khusus untuk negara saya indonesia" lah buat apaan beli kalo negara sebelah spek senjatanya sama.. Ohya bandara Soetta udah pakai teknologi Russia ya yg buat di radar itu lupa namanya.. Dan itu udah di pakai di 30an negara.. Lagi lagi Russia.. Belom aja Russia ekspor mobil mewah, hp canggih, elektronik rumahan lainnya sayang nya disitu aja tapi militer tetep Russia dong..

Anonymous said...

Kalo Indonesia perang atau di bombardir negara sekutu palingan cuma ngusap dada sambil bilang "sakitnya tuh disini" hahahaha :D

jey iskandar said...

Russia ga sombong.. kekuatan militer russia lbh tinggi dr amrik tp russia ga sombong bahkan russia rendah hati. Russia ga suka kacau negara org, russia sportif dan ga bermuka 2 kek amrik.. hala russia

Sion Ramansa said...
This comment has been removed by the author.
denny kamtisfamily said...

Bodoh.....amerika terbukti hebat karena 100 % perang di wilayah orang atau musuh....tapi kalau yg lain apa ???

darma gandhul kitab said...

haha,,
anda smua tau nggak.?
dunia memang dibuat PANAS oleh org2 trtntu(negara)
supaya mreka mau beli/borong senjata dr pabrik mereka
pokoknya kita smua dibuat takut dg byng2 pperangan

Arbi Ihza said...

crewet cuy kamu cuma omong doank jaaa

Arbi Ihza said...

elu ngapain sih bro . kurang kerjaan. ga ikut perang juga jaaa . belagu

Arbi Ihza said...

astagfiruloh elu ngapain sih bro brooo. belum mandi juga comment2

Arbi Ihza said...

SOK TAU. emang elu ikut perang

Arbi Ihza said...

halah paling elu kalo perang juga cuma lari . kkkkkkk

Bang Komar Pensiun said...

Amrik mah udh di kenal bermuka dua..
menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia healah malah kekerasan di irak, sadap menyadap, iran dituduh punya senjata nuklir sedangkan israel punya nuklir ga ada yg gugat, healah Amrik dan orde baru basi dijaman modern dan cerdas kaya begini dunia bakal tau siapa bijaksana terhadap Indonesia..

Bang Komar Pensiun said...

Malaysia dan Indonesia kemungkinan perang gak akn terjadi dan ini kemungkinan karena sudah banyak perjanjian di ASEAN, tapiiii....
Malaysia daridulu adalah negara persemakmuran dari Inggris dan sekutu yg artinya saling membantu bekas jajahan Inggris ditambah sekutu Inggris yakni anggota NATO termasuk australia..
mengingat Amrik lagi penasaran dengan Cina yg menjadi ekonomi baru dunia..
liat berita Australia dan amrik mendirikan pangkalan di sebuah pulau dekat Indonesia?
artinya jalur untuk menuju Cina dari Australia ya lewat Indonesia dan Filipina..
mungkin lebih masuk akal kubu kubu an..
berharap dua negara pemegang hak veto PBB yakni Cina dan Russia yg dulu diremehkan sekarang bangkit yg dulu di anggap dibawah Amrik skrg sejajar dengan Amrik tetap mendukung Indonesia..
Beranikah pemerintah melawan Amrik sedangkan tambang emas nya malah di perpanjang kontraknya..
yakinkah Indonesia bisa membuka mata mana yang menguntungkan canggih dan tidak adanya kepentingan semata ?
berkat embargo Amrik, Indonesia jadi mandiri memproduksi alat tempurnya sendiri.. terimakasih Amrik, sekutu, + Israel dan.. sampai bertemu Rusia, Cina, Korut dan Iran..

Sherlly BelLa Andara said...
This comment has been removed by the author.
Sherlly BelLa Andara said...

Anonymous : JANGAN SOK TAU, ALLAH LEBIH TAU DARI PADA LU !

weapon wacth said...

Rusia lg unjuk gigi di suriah, rudal kalibr, pesawat tempur terbaru, radar, perang elektronik dan andalanya S400 telah diparkir disuriah.
Silahkan diamati sepak terjangnya..

lulus pamadi said...

Wis tho para sedulur jgj bhas perang terus, pikir diri qta sndiri dlu. Kiamat sdh amat dekat. Tanda2 kemunculan dajjal sdh sgt dekat negara manapun di dunia akn takluk pdnya & dibuat tdk berdaya. Senjata terampuh melawan dajjal adl iman & taqwa kita pada Allah bersama Al Mahdi. Semoga qta termasuk org yg digolongkan selamat dri sgl tipu daya dajjal laknatullah.

lulus pamadi said...

Wis tho para sedulur jgj bhas perang terus, pikir diri qta sndiri dlu. Kiamat sdh amat dekat. Tanda2 kemunculan dajjal sdh sgt dekat negara manapun di dunia akn takluk pdnya & dibuat tdk berdaya. Senjata terampuh melawan dajjal adl iman & taqwa kita pada Allah bersama Al Mahdi. Semoga qta termasuk org yg digolongkan selamat dri sgl tipu daya dajjal laknatullah.

nuh abadi said...

Anonymous, komentarmu sesuai dg fakta dan sangat saya sukai. Amerika sukanya main keroyok kalo perang, dan di perang vietnam, mereka mencoba perang tanpa bantuan sekutunya, hasilnya mereka keokkkkkkk lawan vietnam yg notabene negara kecil, postur tubuh orangnya pun juga kecil.

nuh abadi said...

Anonymous, komentarmu sesuai dg fakta dan sangat saya sukai. Amerika sukanya main keroyok kalo perang, dan di perang vietnam, mereka mencoba perang tanpa bantuan sekutunya, hasilnya mereka keokkkkkkk lawan vietnam yg notabene negara kecil, postur tubuh orangnya pun juga kecil.

Arman Maulana said...

Wahai saudara ku muslim Ahlus sunnah wal jama`ah bersatula, kita adalah saudara.... Kiamat suda dekat, sebentar lagi kita akan bertemu pertiwa dukhan.... Berakhirnya masah teknologi.

tonny hermwan said...

Gombal!!!!!!!!!!!??????

Sasi Steelheart Purnama said...

😂 nato+amrik.. beraninya keroyokan.. amrik sendirian pasti takut dia..

Post a Comment