5 Konsep Senjata Fenomenal DARPA di Tahun 2014

Thursday, January 01, 2015
VTOL X-Plane

DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), Badan Penelitian dan Pengembangan Senjata Pentagon dalam situsnya mengurutkan 10 artikel yang paling banyak dibaca di tahun 2014. Di antara 10 artikel tersebut, ada 5 artikel mengenai konsep senjata fenomenal yang direncanakan pengembangannya oleh DARPA.

Di bawah ini adalah 5 konsep senjata fenomenal DARPA yang sedang dan akan dikembangkan DARPA pada tahun 2015:

Vertical Takeoff and Landing (VTOL) X-Plane

VTOL X-Plane

DARPA berniat mengembangkan helikopter generasi baru yang mampu terbang dengan kecepatan 400 knot atau sekitar 740 kilometer per jam, dan membawa muatan minimal 40 persen dari bobot tubuhnya. Rencananya, desain-desain awal VTOL X-Plane akan ditinjau pada bulan September nanti. Tujuannya adalah untuk memilih desain yang terbaik untuk selanjutnya dikembangkan dan diterbangkan pada awal tahun 2017.

Aerial Reconfigurable Embedded System (ARES)

ARES

DARPA juga berniat membangun sistem logisitik udara tanpa awak, yang disebut dengan Aerial Reconfigurable Embedded System (ARES). Karena terbang di udara, pengguna sistem logistik tanpa awak ini tidak perlu lagi mengkhawatirkan ancaman bom di jalan atau ancaman darat lainnya. Untuk desain ARES, DARPA tampaknya tertarik dengan desain pesawat tak berawak dari laboratorium Skunk Work Lockheed Martin, yang mana dapat dikendalikan oleh tentara hanya melalui ponsel atau tablet.

Ground X-Vehicle Technology (GXV-T)

GXV-T

DARPA juga menginginkan kendaraan darat generasi baru dengan tingkat mobilitas dan daya tahan yang tinggi, namun dengan lapis baja yang minim. Lahirlah konsep kendaraan kecil Ground X-Vehicle Technology (GXV-T) ini yang mampu menghindari deteksi dan menghindar dari serangan musuh dengan cepat. Baca selengkapnya mengenai GXV-T disini.

Z-Man

Z-Man

Pada tahun lalu, seorang pria dengan bobot 200 pon memanjat dinding kaca 25 kaki dengan membawa 50 pon beban menggunakan paddle yang terinspirasi dari kadal Gecko. Perangkat ini terbuat dari mikro polimer dan dikembangkan oleh Draper Laboratory yang didesain untuk meniru sifat perekat yang ditemukan pada jari kaki kadal Gecko.

Extreme Accuracy Tasked Ordnance (EXACTO)


Di awal tahun 2014 lalu, DARPA juga berhasil mengarahkan peluru kaliber .50 di tengah penerbangannya yang ditembakkan dari senapan sniper untuk mengenai target yang telah ditunjuk sebelumnya. Tidak peduli cuaca, kecepatan angin, dan pergerakan target, sistem bimbingannya membantu melacak dan mengarahkan proyektil kepada target.

Gambar: DARPA

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comment:

Post a Comment