Qaher F-313 Iran, Serius atau Bohong?

Monday, February 04, 2013
Advertisement
Qaher F-313

Iran telah meluncurkan apa yang diklaimnya sebagai pesawat tempur siluman baru yang dinamai Qaher F-313. Beberapa berpendapat jika Qaher F-313 ini tidak lebih dari produk tahun 1980-an. Banyak analis kedirgantaraan pun skpetis dengan pesawat tempur baru Iran ini.

Mereka menganggap Iran hanya berusaha untuk meyakinkan dunia bahwa mereka sudah mampu membuat pesawat tempur siluman canggih yang mereka rancang dan bangun sendiri sekaligus sudah diterbangkan. Pesawat ini dinilai hanya mock-up, mungkin semacam test bed.

Qaher F-313

Menurut seorang analis, hal pertama dari Qaher F-313 yang perlu diperhatikan adalah bahwa mesin pesawat ini kecil, dan hampir keseluruhan terbuat dari panel faceted seperti halnya Lockheed Martin Have Blue di era 1970-an atau F-117 Nighthawk. Skin panel sangat banyak dan sepertinya terbuat dari fiberglass yang sama -sebelumnya banyak media menilai terbuat dari serat karbon-.

Soal konfigurasi, Qaher F-313 ini tampak seperti hasil perkawinan silang dari Have Blue dan Boeing Bird of Prey dengan tambahan canard (semacam wing di depan wing utama).

Knalpot Qaher F-313

Bagian yang paling menarik adalah bagian knalpot, sulit untuk mengatakan dengan pasti apakah memang benar ada mesinnya atau tidak disitu. Jika pun ada, pasti mesinnya kecil dan mungkin tidak dilengkapi dengan afterburner. Kemungkinan ini disebabkan Iran masih mengalami masalah serius dengan panas berlebih pada pesawat. Ini terlihat dari adanya lubang udara kecil di depan, tepat di belakang kanopi.

Mengingat Iran sudah menguasai teknologi rekayasa mesin General Electric J-85, analis memperkirakan kemungkinan besar bahwa mesin itulah yang digunakan. Lagipula, hanya mesin J-85 yang dapat diperoleh Iran secara terus menerus. Mesin ini kecil sehingga dari melihat tampilan Qaher F-313, kemungkinan mesin inilah yang dipakai. Fakta bahwa adanya lubang udara di atas pesawat, akan menjadikan Qaher F-313 bukan benar-benar pesawat fighter karena akan menimbulkan dampak negatif pada performa serangan. Airfoil-nya juga terlihat cukup tebal, dan ini menimbulkan spekulasi bahwa pesawat ini subsonik. -Airfoil itu bentuk "pisau" sayap, makin tipis semakin baik untuk kecepatan tinggi, kalau pada motor roda 2 mirip (walau sedikit maksa he..) fungsinya dengan fairing-

Kokpit Qaher F-313

Meskipun Iran menyatakan bahwa ini murni pesawat tempur, tapi faktanya pesawat ini kecil, tidak banyak ruang untuk bahan bakar, perangkat onboard apalagi senjata. Pada pesawat juga tidak terlihat banyak ruang untuk avionik seperti radar atau apapun dalam hal ini.

Kokpit, jika dilihat lebih dekat, tidak terlihat seperti kokpit yang sudah "jadi." Di kokpit Qaher F-313 kita bisa melihat instrumen-instrumennya diangkat dari panel instrumen pesawat-pesawat penerbangan umum. Tampak pula tidak ada head-up display yang biasanya ditemukan di pesawat tempur paling modern kecuali Lockheed Martin F-35 JSF, yang memiliki layar helmet-mounted (layar pada helm). Kanopi tampaknya terbuat dari Plexiglas dengan sifat optik yang cukup buruk. Lihat distorsinya pada gambar di bawah ini.

Kanopi Qaher F-313

Tapi tetap saja, ada video yang diduga menunjukkan pesawat ini telah terbang. Hanya waktu yang akan menjawab apakah pesawat Qaher F-313 ini adalah pengembangan yang serius atau tidak, kita lihat saja. Apapun kekurangan Qaher F-313, kerja Iran ini patut diacungi jempol.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

21 comments:

Anonymous said...

Qaher is no more than a toy, imagination of Iranian republic..freak.

abu abdirrahman sutarno said...

kuat dugaan ini cuma hoax krn berbohong adl 9/10 agama mereka

AK47 said...

Thanks Min dah memuat artikel ini,soal bener atau boongan itu mah tinggal media aja yg main seperti tank israel yg di labeli terbaik di dunia oleh media tapi ternyata lebur sama roket rakitan Hizbulloh,atau ICMBnya korut yg katanya plastik ternyata bsa terbang juga kan? so kita tunggu sj siluman ini mengudara seperti Drone yg sudah jalan2 di udara israel.

Anonymous said...

Mungkin yang Anda maksud 'Not more', bukan 'No more'. 'Not more' artinya 'tidak lebih dari' sedangkan 'No more' = tidak lagi. 'Not more' lebih tepat. Bahasa Indonesia lebih terhormat.

Anonymous said...

of course lethal toy...that can destroy US-zionist

Anonymous said...

abu sutarno: anda fanatik agama ya, jgn2 kamu pake jilbab

Anonymous said...

tarno tarno, jgn bw2 agama kalo km ga paham. Islam loe, islam tdk memusuhi, agama2 lain juga. Tp ajaranmu itu, nyesel lu

Anonymous said...

abu a sutarno: coment boleh pro dan kontra tp jgn bw2 agama. Loe yakin agama, eh kepercayaanmu it bener? Kalo iya, sesat kamu itu. Islam, katolik, hindu, agama apapun ga ngajarin jelek2in agama lain ky ajaranmu itu. Cari pondhokan ya, belajar ngaji, sholat yg bener, dan juga belajar dr ustad yg bener. Sesat loe

Anonymous said...

Abu: pengikut sekte yg ngaku islam ya? Malu saya sbg muslim ada org picik sprt km. Islam itu damai, ga kyk ajaranmu. Betul, slh menuntut ilmu itu. Belajar sm ustad, ga percaya. Ma rabi yahudi br percaya

Anonymous said...

Biasa lah, krn indonesia negara bebas, bebaslah tarno itu. Pilih agama yg blh menghujat, agama apa itu? Ya agama sutarno, bukan islam yg jls. Keturunan yahudi apa ya, saya sgt bersyukur apbl bnr. Krn org islam g mgkn sprt tarno

Anonymous said...

Ini gimana tarno ?......
http://rt.com/news/iran-indigenous-fighter-qaher-296/

Anonymous said...

Ya iran hoax, energi nuklir iran juga sehingga dk pbb juga hoax gelar sidang, rq 170 ditangkep iran juga joax, obama minta pesawatnya dikembalikan juga hoax. Jendersl iran sam presidennya ngelaunch qaher 313 hoax juga, jangan jangan ada negara iran juga hoax,,,,,haaaa nggak usah lebay lah, skg ini nggak ada yg nggak mungkin bagi negara yg punya duit tuk bangun sistem persenjataan apapun you know, indonesia juga bisa kalo mau..

Anonymous said...

Lagi lagi ada yg tertipu dgn Syiah Iran...ya ampun kaum yg sejak kemunculan & beradaannya mempunyai keyakinan berdusta or ngibul itu wajib...wkwkwkwkwk...kasian tertipu dgn iran...sudahlah hoax itu...ngapain ribut bertengkar...baca noh sejarah syiah...ah sok bela iran

Anonymous said...

intelek dikit lah, ga usah bawa2 agama...

Anonymous said...

wkwkwkwk, boleh-boleh he..he...kalo gitu dia dah operasi ya bos???

Anonymous said...

Saya adalah instruktur di maskapai nasional, saya memiliki bukti kuat dan ilmiah bahwa Qaher hanyalah pesawat fiktif, karena menyalahi hukum2 aerodinamika yang wajar. Panel-panel di cockpit adalah panel biasa yang ada pada pesawat latih Casa (saya hapal benar karena saya sering menerbangkan Casa). Pesawat tempur tak akan menggunakan panel pesawat latih kecil seperti itu.

Terimakasih.

Capt. Octaviano - Jakarta

richard fernando said...

yes, you right it seem like toy made by fiber glass

richard fernando said...

yes, you right

Steven Sitorus said...

biasa yang komen anti iran itu wahabi

Steven Sitorus said...

instruktur maskapai ?
haha.. maafin gw ketawa dulu yah

Steven Sitorus said...

instruktur maskapai ?
haha.. maafin gw ketawa dulu yah

Post a Comment