Friday, October 12, 2018

(Hampir) Semua Jet Tempur F-35 di Seluruh Dunia Dikandangkan Pasca Kecelakaan 28 September

F-35

Dugaan masalah terkait bahan bakar yang menyebabkan pengandangan F-35 JSF.

Semua Jet tempur F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) Amerika Serikat dikandangkan pada Kamis, 11 Oktober 2018 untuk inspeksi pengecekan sistem aliran bahan bakar pasca kecelakaan F-35B pada 28 September 2018. Itu adalah kecelakaan pertama F-35 JSF di seluruh dunia sejak mulai terbang pada 2006.

"AS dan mitra internasional telah menghentikan sementara operasi penerbangan F-35 sementara perusahaan melakukan inspeksi pada seluruh tabung bahan bakar di dalam mesin seluruh pesawat F-35," Kantor Program F-35 mengumumkan dalam sebuah pernyataan, Kamis pagi, dilansir The Avionist.

Pengandangan F-35 kembali memicu kritik terhadap program yang sebelumnya telah disorot karena pembengkakan biaya dan keterlambatan. Program Joint Strike Fighter telah dicirikan sebagai program pertahanan termahal dalam sejarah. Sebuah studi Pentagon mengklaim bahwa seluruh program dapat melebihi $ 1 triliun USD termasuk pemeliharaan untuk seluruh armada selama masa operasionalnya, dengan tidak memperhitungkan inflasi.

Dikembangkan bersamaan berkembangnya media sosial, program F-35 telah menjadi sorotan negatif netizen. Pemberitaan mengenai kecelakaan pada 28 September lebih menarik perhatian netizen ketimbang berita sebelumnya tentang F-35 yang melakukan misi pertamanya di Afghanistan. Netizen tampaknya lebih menginginkan berita negatif tentang F-35.

Mengandangkan F-35 sudah seusai dengan pernyataan yang dirilis oleh Kantor Progam F-35 kemarin. Tapi sebenarnya, tidak semua F-35 dikandangkan.

Angkatan Udara Italia telah menyelesaikan inspeksi dan, karena tidak menemukan bagian yang salah, dan semua pesawat kembali ke operasi penerbangan normal. Sama halnya untuk F-35B Inggris, yang terlibat dalam uji coba penerbangan dari kapal induk HMS Queen Elizabeth.

Dalam pernyataan resminya pada Kamis pagi, Kantor Program F-35 melanjutkan dengan mengatakan bahwa pengandangan seluruh F-35 di seluruh dunia didorong dari data awal hasil penyelidikan berkelanjutan F-35B yang jatuh di sekitar Beaufort, South Carolina pada 28 September. (fr)