Wednesday, January 01, 2014

10 Negara dengan Angkatan Darat Terbesar di Dunia

Angkatan darat merupakan komponen penting dari angkatan bersenjata seluruh negara di dunia, yang utamanya terdiri dari pasukan darat. Artileri mengurutkan 10 negara dengan angkatan darat terbesar berdasarkan jumlah personel.

Angkatan Darat Republik Islam Iran (IRIA)

Angkatan Darat Republik Islam Iran (IRIA) dibentuk pada tahun 1952. IRIA saat ini mempekerjakan 350.000 personel lapangan aktif. Hingga terjadi Revolusi Islam pada tahun 1979, IRIA mengandalkan senjata buatan Amerika Serikat.

Iran memproduksi sendiri berbagai senjata dan sistem tempur sejak tahun 1979. Beberapa diantaranya yang digunakan oleh IRIA adalah tank Zulfiqar, kendaraan lapis baja angkut personel dan artileri bermotor dan artileri derek.

Pasukan Khusus Angkatan Darat Iran
Pasukan Khusus Angkatan Darat Iran berparade saat Hari Angkatan Bersenjata di Teheran, 18 April 2013. (Foto: India Times)

Angkatan Darat Turki (TAF)

Angkatan Darat Turki terbagi menjadi Angkatan Darat Barat, Angkatan Darat Timur, Angkatan Darat 3 dan Angkatan Darat Aegean. Total jumlah personel diperkirakan sebanyak 391.000 tentara.

Terjadi modernisasi besar-besar pada Angkatan Darat Turki setelah bergabung dengan NATO pada tahun 1952. Tank Altay, sistem rudal pertahanan udara T-LORAMIDS, helikopter utilitas T-70 dan helikopter serang T129 merupakan beberapa platform tempur modern yang ada dalam layanan Angkatan Darat Turki. 

Angkatan Darat Turki
Tentara Angkatan Darat Turki latihan reaksi cepat. (Foto: Sgt. 1st Class Michael Hagburg)

Angkatan Darat Mesir (EAF)

Angkatan Darat Mesir menjadi angkatan terbesar dalam Angkatan Bersenjata Mesir (angkatan darat, laut, udara dan pertahanan udara), dengan 340.000 tentara termasuk pasukan cadangan. Pernah menjadi kontingen terbesar kedua pasukan sekutu, yang dikerahkan saat Operasi Desert Storm (Januari-Februari 1991 di Irak).

Angkatan Darat Mesir sebagaian besar dilengkapi dengan senjata buatan AS dan juga masih memiliki stok senjata era Soviet dan China, serta sistem tempur buatan dalam negeri. Setiap tahunnya Mesir menerima sekitar AS$ 1,5 miliar (sekitar 18,2 triliun rupiah) dalam bentuk bantuan militer dari Amerika Serikat, menjadi penerima terbesar kedua bantuan militer dari Amerika Serikat setelah Israel.

Angkatan Darat Mesir
Tentara dari Angkatan Darat Mesir mengoperasikan Amphibious Landing Exercise. (Foto: Sgt. Alex Licea)

Angkatan Darat Federasi Rusia

Angkatan Darat Federasi Rusia merupakan komponen utama dari Angkatan Bersenjata Rusia. Didirikan pada bulan Mei 1992, setelah bubarnya Uni Soviet. Angkatan ini dikendalikan langsung oleh Departemen Pertahanan.

Angkatan Darat Rusia menonaktifkan sejumlah besar pasukan bekas garnisun Soviet dan juga menyederhanakan struktur komando dan kontrol. Angkatan Darat Federasi Rusia saat ini menyebarkan sekitar 350.000 - 400.000 tentara.

Angkatan Darat Rusia
Tentara Angkatan Darat Rusia saat repetisi parade kemenangan. (Foto: Michael Mikhin)

Angkatan Darat Republik Korea (ROK Army)

ROK Army merupakan Angkatan Darat Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 1948 setelah Korea terpecah menjadi dua negara. ROK Army diisi dengan 506.000 tentara, terbanyak dari tiga divisi (darat, laut dan udara).

ROK Army mengalami modernisasi yang cepat, mengakibatkan induksi berbagai senjata canggih dan teknologi militer dalam jumlah besar. Kekuatan tempur utamanya terdiri dari  2.700 tank, 2.700 kendaraan lapis baja, serta lebih dari 5.000 artileri dan sistem peluncur roket multiple.

Angkatan Darat Korea Selatan
Tank Tempur Utama Tipe 88K1 Angkatan Darat Korea Selatan mendarat dari LCU (Foto: TSGT James E. Lotz, U.S. Air Force)

Angkatan Darat Pakistan

Angkatan Darat pakistan dibentuk pada tahun 1947 setelah memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. Menurut International Institute for Strategic Studies (IISS), diperkirakan ada 725.000 tentara aktif di Angkatan Darat Pakistan. Selain itu 500.000 pasukan cadangan yang terlatih membuat Angkatan Darat Pakistan menjadi salah satu angkatan darat terbesar di dunia.

Angkatan Darat Pakistan pernah terlibat dalam tiga perang besar melawan India. Sebagian besar senjata yang digunakan berasal dari China, Eropa dan Amerika. Utamanya terdiri dari senjata ringan, kendaraan lapis baja, artileri, helikopter dan sistem pertahanan udara. 

Angkatan Darat Pakistan
Angkatan Darat Pakistan salah satu yang terbesar di Asia (Foto: Raza0007)

Angkatan Darat Tentara Rakyat Korea (KPAGF)

Angkatan Darat Tentara Rakyat Korea (KPAGF) merupakan angkatan terbesar dari militer Tentara Rakyat Korea Utara. Dibentuk pada Agustus 1947, KPAGF saat ini diperkirakan diisi dengan kekuatan 950.000 tentara.

Menurut catatan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Angkatan Darat Korea Utara diyakini memiliki 4.100 tank, 2.100 kendaraan lapis baja, 8.500 sistem artileri medan dan 5.100 peluncur roket multiple.

Sebagian besar artileri dan sistem rudal Angkatan Darat Korea utara diposisikan di dekat zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korea Utara dengan Korea Selatan.

Angkatan Darat Korea Utara
Dua prajurit Angkatan Darat Korea Utara melakukan march di Zona Demiliterisasi (Foto: Anthony W. Holmes)

Angkatan Darat India

Angkatan Darat India terdiri dari 1,1 juta tentara, menjadi salah satu angkatan darat dengan jumlah personel terbanyak di dunia. Dikomandoi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (COAS), Angkatan Darat India menganut sistem resimen yang terbagi menjadi Divisi Gunung dan Divisi Infanteri, serta Divisi Lapis Baja dan Mekanik.

Angkatan Darat India dilengkapi dengan tank T-72 dan tank Arjun, kendaraan tempur infanteri BMP, rudal anti-tank, helikopter, kendaraan pengintai cepat, senjata individu modern, artileri (self-propelled) dan sistem rudal pertahanan udara.

Angkatan Darat India
Seorang prajurit Angkatan Darat India menggunakan senapannya saat latihan bersama dengan militer Amerika Serikat (Foto: Crista Yazzie, U.S. Army)

Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army)

Angkatan Darat Amerika Serikat merupakan salah satu kecabangan dari militer Amerika Serikat (angkatan darat, laut dan udara) yang berkerja di bawah Departemen Pertahanan. Kekuatannya terdiri dari komponen aktif dan cadangan.

Angkatan Darat AS mempekerjakan lebih dari 1,1 juta personil aktif, cadangan dan anggota Garda Nasional. Negara ini telah menghabiskan anggaran pertahanan sebesar AS$ 668 miliar (sekitar 8.129 triliun rupiah) pada tahun 2012.

Angkatan Darat AS menggunakan berbagai persenjataan modern termasuk tank, kendaran tempur lapis baja, artileri (self-propelled and towed/derek), serta rudal dan sistem peluncur roket.

Angkatan Darat Amerika Serikat
Angkatan Darat AS merupakan kecabangan militer tertua militer AS. (Foto: Sgt. Reed Knutson, U.S. Army)

Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat (PLAGF), China

Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat (PLAGF) China merupakan yang terbesar di dunia, tercatat 1,25 juta tentara yang aktif. Dibentuk pada bukan Agustus tahun 1927, PLAGF menjadi salah satu divisi besar militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

PLA beroperasi di bawah komando Komisi Militer Pusat. Tentara aktif angkatan darat dikerahkan di tujuh daerah militer negara itu.

China menjadi pemboros anggaran militer terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Pada tahun 2012 belanja pertahanan negara ini mencapai AS$106 miliar (sekitar 1.290 triliun rupiah).

Angkatan Darat China
Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat China merupakan angkatan darat terbesar di dunia (Foto: Wang Xianjiao)