Thursday, October 11, 2018

AS Harus Tingkatkan Teknologi Bawah Laut Jika Tidak Ingin Dilampaui Rusia

Kapal selam nuklir kelas Yasen Rusia
Kapal selam nuklir kelas Yasen (Foto: Kementerian Pertahanan Rusia)

Penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk teknologi siluman pada kapal selam Amerika Serikat (AS) menjadi sangat penting karena Rusia terus melakukan penelitian terhadap peperangan bawah laut dan rudal jarak jauh.

Teknologi bawah laut Rusia selama ini memang masih dibayang-bayangi AS, namun beberapa tahun belakangan, Rusia terus mengucurkan rubelnya untuk penelitian dan pengembangan teknologi bawah laut untuk melampaui AS. Hal ini patut dikhawatirkan oleh AS mengingat kerja keras dan investasi Rusia sudah mulai menunjukkan ancaman serius bagi AS.

Rusia melihat teknologi bawah laut sebagai asimetris, mereka melihat disitu ada tantangan, dan tantangan itu adalah Angkatan Laut Amerika Serikat terutama armada kapal selamanya.

Jika tidak ingin dipermalukan Rusia, AS sebaiknya juga berusaha lebih keras lagi untuk pengembangan teknologi dan peperangan bawah laut. Bukan hanya kapal selam, tapi juga seperti pesawat patroli maritim dengan sensornya, kapal perang permukaan dengan array multifungsinya, dan pelatihan dan profesionalisme. AS harus harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengetahui dimana kapal-kapal selam musuh beroperasi.

Kapal selam kelas Dolgoruky baru dan kapal selam kelas Yasen, kapal selam kelas Kilo (hybrid) yang baru, yang enam diantaranya beroperasi di Laut Hitam dan Mediterania Timur, serta rudal Kalibr yang dapat diluncurkan dari kapal perang permukaan, kapal selam dan pesawat terbang dan dari pantai, semuanya adalah ancaman serius bagi AS.

Rudal Kalibr memiliki jangkauan yang tidak main-main, jika diluncurkan dari laut manapun diseluruh Eropa seperti Laut Caspian, Baltik, Arktik, Atlantik Utara, Laut Mediterania, atau Laut Hitam maka dapat mencapai masing-masing ibukota di seluruh negara Eropa. Apakah Rusia akan melakukannya? Untuk saat ini terlalu bodoh bagi Rusia untuk melakukannya.

Tapi tentu itu adalah masalah serius bagi AS dan teman-teman NATO-nya. Jadi AS harus selalu tahu dimana kapal selam Rusia beroperasi.

Teknologi siluman adalah teknologi yang pertama dan terutama untuk peperangan bawah laut. Kemampuan untuk menyembunyikan kapal selam, keunggulan dalam akustik atas musuh, sangatlah penting. Berapa banyak pertarungan yang dimenangkan karena musuh tidak dapat melihat dan mendengarnya?

Masih belum jelas apakah Angkatan Laut AS saat ini sudah mampu melacak seluruh kapal selam Rusia. Tapi yang jelas, secara keseluruhan, untuk saat ini kapal-kapal selam AS masih memiliki keunggulan akustik dibanding kapal-kapal selam Rusia. (fr)