Sunday, September 30, 2018

Yang Spesial dari SVCH-308, Senapan Runduk yang Dijajal Putin

Senapan runduk SVCh-308

Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi sebuah lapangan tembak pada Rabu (19/9) untuk menguji coba senapan runduk terbaru Kalashnikov Concern, SVCh-308. Senapan runduk ini akan menggantikan senapan Dragunov yang sudah dioperasikan tentara Rusia sejak lama.

SVCh adalah senapan runduk semi-otomatis dengan jarak tembak efektif hingga 1 km. Ia didasarkan pada desain MA Vintorez Dragunov yang dimodernisasi — tiga versi senapan ini telah dirilis.

Senapan runduk SVCh-308

SVCh yang pertama dilengkapi dengan putaran 7,62x54 era Soviet yang banyak digunakan di militer Rusia. Versi kedua dan ketiganya SVCh dibingkai dengan kaliber NATO — .308 Win (secara tak resmi disukai oleh penembak jitu Rusia dibandingkan 7.62 x 54) dan .338 Lapua Magnum, putaran kuat yang memiliki jangkauan hingga 1,6 km.

Mengapa Rusia perlu mengganti Dragunov yang sudah teruji?

Senapan runduk SVCh-308

Senapan Dragunov, yang dikembangkan pada 1950-an, sudah ketinggalan zaman. Masalah utamanya adalah desain Soviet di mana ekstensi laras tidak dapat dipasangi alat pembidik modern dengan aman karena mereka cenderung jauh lebih besar dan lebih berat dari alat pembidik Soviet.

Laras Dragunov juga tidak sekeras senapan modern. Ini artinya bidikan dapat bergeser setelah setiap tembakan, dan meski biasanya tidak terlalu besar, ini mengurangi akurasi senapan. SVCh juga dapat dipasangkan penglihatan malam dan perangkat termal modern.

Senapan runduk SVCh-308

Meminjam cetak biru dari senapan MA Vintorez, Kalashnikov tetap mempertahankan prinsip operasi Dragunov. Meski banyak kekurangan, sang senapan tua masih dianggap sebagai penembak semi-otomatis yang andal.

Intinya, SVCh adalah senjata api yang sudah diuji waktu dalam tubuh yang modern. Tidak hanya terlihat sama bagusnya dengan pesaing (Heckler & Koch, misalnya), tetapi SVCh juga menawarkan ergonomi yang luar biasa. Perangkat keamanan Dragunov, yang terletak di bagian tengah senjata, diganti dengan tuas dua arah yang dioperasikan oleh ibu jari, membuatnya lebih mudah untuk melepaskan tembakan dalam situasi darurat.

Senapan runduk SVCh-308

Popor teleskopik lipat barunya juga patut diberi perhatian dan dapat disesuaikan untuk penembak-penembak berbeda. Mekanisme pemicu kejut juga dapat disetel kekuatan dan trigger creep-nya. SVCh memiliki fleksibilitas taktis dan beroperasi dengan mekanisme pneumatik (peredam) yang sangat efektif.

Di pasar internasional, SVCh akan bersaing dengan senapan Jerman dan Amerika termasuk HK417, SCAR-H, dan AR-10. Terlalu dini untuk mengatakan bagaimana perbandingannya, tetapi yang pasti senapan Rusia ini akan mampu berbicara banyak di dunia.

Resources
  • https://id.rbth.com/technology/80728-apa-kehebatan-svch-308-kalashnikov-qyx
  • Gambar: Kalashnikov via RBTH