Rusia Meluncurkan Combat Walker Raksasa

Thursday, August 23, 2018
Combat Walker Kalashnikov

Kalashnikov, produsen senjata termasyhur Rusia, memamerkan proyek-proyek terbarunya dalam sebuah pameran pertahanan Army-2018 (21-26 Agustus 2018) di dekat kota Moskow.

Kalashnikov, yang dikenal di seluruh dunia karena senapan serbunya AK yang fenomenal, juga memamerkan kendaraan-kendaraan utilitas yang ditujukan untuk penggunaan militer, salah satunya adalah combat walker raksasa. Combat walker adalah kendaraan bipedal setinggi 4 meter yang disebutkan cocok untuk tugas teknik, maupun tugas tempur militer.

Selama ini combat walker adalah kendaraan tempur fiksi ilmiah dalam film-film Hollywood, apakah alat itu memang benar-benar praktis atau efektif digunakan dalam pertempuran? Mungkin saja.

Combat Walker Kalashnikov

Combat walker dari Kalashnikov ini memiliki kokpit untuk pilot manusia, sepasang lengan yang ujungnya berupa penjepit layaknya tangan T-Rex, dan kaki logam yang besar yang mirip ski.

Dari tampilan luar, combat walker ini tampak tidak memiliki atau berfungsi sebagai senjata. Kendaraan ini hanya hanya tampak seperti mockup yang belum berfungsi. Detail penting seperti sumber tenaga, kapasitas beban, kecepatan jalan, dan baju besinya juga tidak dijelaskan. pihak Kalashnikov sendiri mengatakan bahwa teknologi combat walker baru akan diperagakan tahun depan..

Selama beberapa dekade, combat walker telah menjadi bagian dari fiksi ilmiah. Contoh yang paling terkenal adalah AT-ST scout walker dari film Star Wars, Amplified Mobility Platform dari film Avatar, dan L5 Riesig dari game Battlefield 2142. Versi non-tempurnya Caterpillar P-5000 Powered Work Loader dari Aliens.

Combat Walker Kalashnikov

Pertanyaannya, mengapa dunia tidak pernah memiliki combat walker yang nyata? Salah satu alasannya adalah bahwa, tidak seperti tank atau kendaraan lapis baja beroda, combat walker harus menyeimbangkan seluruh sasisnya hanya dengan dua kaki besar. Itu akan menciptakan masalah tekanan tinggi pada tanah, membuatnya kesulitan melintasi medan berlumpur. Kaki combat walker juga harus memiliki sistem keseimbangan yang sangat baik untuk mencegahnya jatuh saat berjalan. Selain itu, combat walker juga tinggi sehingga akan menjadi target empuk musuh.

Meskipun begitu, ada beberapa keuntungan mengunakan combat walker. Posisi pilot lebih tinggi sehingga visibilitasnya sangat baik. Combat walker dengan keseimbangan tepat juga bisa melangkahi rintangan, seperti mobil yang berjejalan di jalan. Tapi mengingat kekurangannya, masih belum cukup alasan bagi perusahaan pertahanan untuk menginvestasikan waktu dan dana untuk mengembangkan combat walker atau mekanisme sejenis.

Combat Walker Kalashnikov

Kalashnikov jelas menyadari setidaknya ada beberapa masalah yang pasti melekat pada combat walker. Kaki lebarnya yang seperti ski itu jelas Kalashnikov rancang untuk menurunkan tekanan di tanah. Kita baru akan tahu lebih banyak mengenai combat walker Kalashnikov ini setelah mereka menjelaskan dan mendemonstrasikannya nanti tahun depan.

Mungkinkah tahun-tahun ini combat walker yang selama ini fiksi berubah menjadi kenyataan? Yang jelas, semua mungkin terjadi.

Resources
  • RT Rusia
  • Gambar: Valerymoroz/Kalashnikov

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment