Thursday, August 23, 2018

India Sukses Menguji Tembak Rudal Anti-Tank Helina

Angkatan Darat India berhasil menguji tembak rudal anti-tank Helina dari sebuah helikopter bulan ini.

Helikopter HAL Rudra India

Sebuah helikopter Angkatan Darat India berhasil menguji tembak anti-tank guided missile (ATGM) generasi ketiga "Helina" di lokasi uji coba Pokhran di wilayah Gurun Thar di barat laut India awal bulan ini, Kementerian Pertahanan India mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada 19 Agustus.

"Sistem senjata telah diuji untuk jangkauan penuh," menurut Kementerian Pertahanan. "Sistem senjata 'Helina' diluncurkan dengan sukses dari platform peluncuran (helikopter) dan telah melacak target melalui jalurnya dan mencapai target dengan presisi tinggi. Semua parameter telah dipantau oleh stasiun telemetri, sistem pelacakan, dan helikopter. ”

Departemen Pertahanan mengklaim bahwa ATGM Helina adalah salah satu senjata anti-tank paling canggih di dunia. Helina yang dirancang dan dibangun sendiri oleh India merupakan varian peluncuran udara dari rudal Nag, sebuah ATGM fire-and-forget dengan jangkauan sekitar 4 kilometer. Jangkauan Helina sendiri diperkirakan antara 7 hingga 8 kilometer.

Rudal Nag sendiri ditembakkan dari Nag Missile Carrier (NAMICA), produksi India lisensi dari varian kendaraan tempur infanteri lapis baja BMP-II era Soviet, sedangkan Helina diluncurkan dari tabung peluncur yang melekat pada sayap helikopter Hindustan Aeronautics Limited (HAL) Light Combat Helicopter (LCH) dan Dhruv Advanced Light Helicopters (ALH).

Pernyataan Kementerian Pertahanan India pada 19 Agustus tidak menyebutkan apakah Helina ditembakkan dari LCH atau ALH, meskipun heli yang lebih mungkin adalah varian bersenjata dari ALH, yang dijuluki HAL Rudra. (fr)