Tuesday, December 24, 2013

Kalashnikov, Perancang Senjata Fenomenal itu Telah Tiada

Kalashnikov

Media-media Rusia ramai mengabarkan bahwa Letnan Jenderal (Purn) Mikhail Kalashnikov Timofeyevich, telah meninggal dunia di usia 94 tahun pada tanggal 23 desember 2013 setelah mengalami sakit yang cukup lama.

Kalashnikov adalah orang besar dan jenius yang merancang senjata handal dan murah untuk dunia, dengan desain yang sama pentingnya pada saat ini seperti kembali pada 1940-an dimana ia pertama kali merancang senjata Kalashnikov. Dia, bersama dengan Eugene Stoner, merupakan perancang senjata api yang paling berpengaruh dan terkenal yang lahir di abad ke-20.

Kalashnikov akan dikenang  dalam waktu yang lama. Beberapa desainer senjata api modern telah dikenang dunia dalam waktu yang lama bahkan hingga saat ini. Sebut saja Paul Mauser (senjata  Mauser) lahir 176 tahun yang lalu, Harris Holland (Holland & Holand) lahir 208 tahun yang lalu dan James Purdy (Purdy) lahir 230 tahun yang lalu. Kalashnikov akan diingat lebih lama dari mereka.

Empat bulan yang lalu, perusahaan tempat Kalashnikov mengabdikan hidupnya, yaitu  Izhmash, telah berganti nama menjadi Kalashnikov Group untuk menghormatinya. Bahkan penggunaan nama Kalashnikov untuk nama perusahaan itu diberikan secara gratis oleh Kalashnikov.

Menurut Wikipedia, Kalashnikov meninggalkan tiga dari empat anaknya. Anak laki-laki satu-satunya, Victor Kalashnikov juga merupakan seorang desainer senjata api terkemuka yang memimpin tim mengembangkan senapan mesin ringan PP-19 Bizon.