Sunday, June 03, 2018

TNI AL Kerahkan Dua Kapal Perang dalam Rimpac 2018

KRI RE Martadinata 331

KRI Makassar 590 bersama KRI Raden Eddy Martadinata (REM) 331 mulai bertolak dari dermaga madura Koarmada II, Surabaya pada 30 Mei dengan membawa 215 prajurit marinir dan beberapa prajurit TNI AL lainya, seperti Kopaska dan Penyelam, serta  dilengkapi dengan kendaraan Tempur amfibi LVT-7 sebanyak 8 unit, 1 unit helikopter bell dan 2 pucuk meriam howitzer 105mm.

Selama perjalanan, prajurit diberikan pembekalan materi latihan yang akan dilaksanakan selama agenda Rim Of The Pacific (Rimpac) 2018 di Hawaii, Amerika Serikat. Seluruh prajurit mengisi kegiatan diatas kapal dengan berolahraga, karena selain latihan perang, juga diisi dengan pertandingan olahraga dan pertunjukan seni budaya pada antar Negara peserta Rimpac 2018.


RIMPAC (the Rim of the Pacific Exercise) Latihan Lingkar Pasifik, adalah latihan peperangan maritim internasional terbesar di dunia. RIMPAC diadakan dua tahun sekali selama bulan Juni dan Juli tahun genap dari Honolulu, Hawaii. Rimpac diselenggarakan dan dikelola oleh Armada Pasifik US Navy, yang berpangkalan di Pearl Harbor.

AS mengundang pasukan militer dari Lingkar Pasifik dan sekitarnya untuk berpartisipasi. Dengan RIMPAC, Komando Pasifik Amerika Serikat berusaha untuk meningkatkan interoperabilitas antara angkatan bersenjata Lingkar Pasifik, seolah-olah sebagai sarana untuk mempromosikan stabilitas di kawasan ini untuk kepentingan semua negara yang berpartisipasi.