Kapsul Soyuz MS-07 Bawa 3 Astronot Ke Bumi Setelah 168 Hari di Ruang Angkasa

Sunday, June 03, 2018

Sebuah pesawat ruang angkasa Rusia yang membawa tiga anggota kru pulang kembali ke Bumi pada hari Minggu (3 Juni 2018) setelah lima bulan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS.

Kosmonot Rusia Anton Shkaplerov, Norishige "Neemo" Kanai dari Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang (JAXA) dan astronot Scott "Maker" Tingle dari NASA mendarat dengan kapsul ruang angkasa Soyuz MS-07 Rusia di padang rumput Kazakhstan. Turun dengan parasut, kapsul dilambatkan dengan mendorong pendorong dan mendarat di tenggara kota Dzhezkazgan pada pukul 8:39 pagi waktu setempat.

Pesawat ruang angkasa itu dijemput oleh tim recovery yang dipimpin oleh pasukan Rusia yang tergabung di dalamnya petugas medis NASA dan Jepang untuk membantu Shkaplerov, Kanai dan Tingle ketika mereka mulai penyesuaian kembali ke gravitasi Bumi.

Para kru tampak sehat, bersemangat, dan tersenyum. "Pertama-tama, merasa baik," kata Shkaplerov setelah pendaratan. "Kami merasa sedikit lelah. Di saat yang sama, kami bangga telah mencapainya dan kami senang dapat kembali ke Bumi. Kami senang bahwa cuacanya indah, cuaca cerah. Dan pendaratan yang 'lembut.'" kata Shkaplerov setelah pendaratan.
Kru Soyuz MS-07
Kru Soyuz mS-07 Norshige Kanai, Anton Shkaplerov, dan Scott Tingle sesaat setelah mendarat pada 3 Juni (NASA / Bill Ingalls)
Trio astronot ini memulai perjalanan pulang sekitar tiga jam sebelum pendaratan mereka dengan melepas Soyuz mereka dari modul penelitian mini ruang angkasa Rassvet pada jam 5:16 pagi. Keberangkatan itu menandai akhir resmi Ekspedisi 55, kontingen ke-55 stasiun itu sejak tahun 2000.

"Sudah tiga bulan sejak kami memulai Ekspedisi 55 dan saya mengambil alih komando," kata Shkaplerov.

Astronot Drew Feustel dan Ricky Arnold dari NASA dan kosmonot Oleg Artemyev dari Roscosmos, tiba di stasiun luar angkasa pada 23 Maret dan melayani sebagai anggota kru Expedition 55 di bawah komando Shkaplerov, saat ini masih berada ruang angkasa.

Feustel, yang mengambil alih komando stasiun ruang angkasa dari Shkaplerov. mempresentasikan para awak yang berangkat dengan token waktu mereka bersama di orbit. "Saya menawarkan koin Ekspedisi 56 yang kami bertiga telah tandatangani dan simpan untuk Anda sebagai hadiah perpisahan," kata Feustel.

Tiga anggota lagi untuk awak Ekspedisi 56 - Sergey Prokopyev dari Roscosmos, Alexander Gerst dari Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Serena Auñón-Chancellor dari NASA - dijadwalkan untuk diluncurkan ke stasiun luar angkasa pada hari Rabu (6 Juni) dan tiba dua hari kemudian.

Pendaratan Shkaplerov, Kanai dan Tingle mengakhiri 168 hari petualangan bersama mereka di ruang angkasa sejak mereka diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada 17 Desember. Selama waktu mereka di orbit, kru Ekspedisi 54/55 berpartisipasi dan membantu melakukan ratusan penyelidikan sains.

Shkaplerov juga melakukan extravehicular activity (EVA, atau spacewalk), yang kedua dari karirnya, bertualang di luar dengan komandan Ekspedisi 54 Alexander Misurkin untuk membantu mengkonfigurasi ulang sistem komunikasi dan melakukan eksperimen sains di sisi stasiun luar angkasa Rusia. Dengan 8 jam dan 13 menit, spacewalk tersebut menetapkan rekor baru untuk EVA Rusia terlama dalam sejarah. Tingle dan Kanai juga melakukan satu EVA-nya masing-masing dengan kru ekspedisi 54 Mark Vande Hei.

Shkaplerov sekarang memiliki tiga misi ruang angkasa untuk catatannya, termasuk masa tinggal 165 hari sebelumnya di stasiun luar angkasa pada tahun 2012 dan ekspedisi 200 hari pada tahun 2015. Shkaplerov kini mencatat total 533 hari, 5 jam dan 31 menit meninggalkan Bumi, peringkat ke-16 di dunia sebagai orang terbanyak menghabiskan waktu di ruang angkasa.

Shkaplerov kembali ke Bumi dengan bola yang akan digunakan dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia FIFA 2018, yang akan berlangsung di Rusia dari 14 Juni hingga 15 Juli.

"Sebuah bola Telstar 18 resmi secara khusus dibawa ke stasiun untuk tujuan ini dan bola itu direncanakan untuk dikembalikan ke Bumi bersama dengan kru saya," Shkaplerov men-tweet sehari sebelum pendaratannya.
Shkaplerov dengan bola piala dunia di ISS
Kosmonot Anton Shkaplerov dengan bola sepak bola Telstar 18 di Stasiun Ruang Angkasa Internasional ISS. (TV Roscosmos)
Ini adalah penerbangan pertama Tingle dan Kanai ke luar angkasa. Kanai adalah astronot ke-11 Jepang yang terbang di luar angkasa sejak 1992. Tingle adalah anggota ketujuh (dari sembilan) grup astronot ke-20 NASA yang terbang sejak mereka terpilih pada 2009.

Ketika sudah di Bumi, tiga awak kapal Soyuz MS-07 akan kembali ke agensi masing-masing setelah singgah sebentar di kota Karaganda, Kazakhstan. Shkaplerov akan diterbangkan ke Star City, di luar Moskow; Tingle dan Kanai akan kembali dengan jet NASA ke Johnson Space Center di Houston.

Soyuz MS-07 adalah Soyuz ke-53 yang terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Resources
  • http://www.collectspace.com/news/news-060318a-soyuz-ms07-landing.html

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment