Tuesday, December 03, 2013

Iran Luncurkan Kapal Perang dan Helikopter Hasil Rombak Sendiri

Peluncuran kapal rudal Neyzeh (P231)

Angkatan Laut Iran berhasil meluncurkan kapal peluncur rudal hasil rombakan sendiri yaitu Neyzeh dan Tabarzin, kapal logistik Sirjan, kapal angkut helikopter Lavan dan helikopter tempur SH-3D ke armada militernya untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Laut.

Peluncuran Neyzeh, Tabarzin dan Sirjan, yang dilengkapi dengan senjata canggih dan sistem radar berbeda seiring dengan selesainya program overhaul jangka panjang kapal-kapal tersebut, dan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Angkatan Laut Iran.

Wakil komandan untuk urusan teknis Angkatan Laut Iran Laksamana Abbas Zamini mengatakan kepada Fars News Agency bahwa peluncuran kembali kapal-kapal perang itu ke dalam Angkatan Laut menunjukkan bahwa para ahli Angkatan Laut Iran memiliki kemampuan untuk merombak kapal perang ringan dan berat tanpa perlu bergantung pada ahli asing.

"Setelah 12 bulan perbaikan dan 328.000 jam kerja (seluruh pekerja), para ahli Iran berhasil merombak 7.500 bagian-bagian sensitif dari kapal perang logistik Sirjan," ujar Zamini.

Zamini juga mengatakan bahwa program merombak kapal angkut helikopter Lavan terdiri dari pekerjaan renovasi dan operasionalisasi sistem hidrolik.

Mengomentari soal perombakan kapal perang Neyzeh, Tabarzin dan Sirjan, Zamini mengatakan: "Langkah-langkah perbaikan dan perombakan utama pada kapal-kapal perang ini diantaranya adalah meningkatkan kekuatan sistem penangkalnya dengan memasang sistem peluncur rudal dan sistem meriam 76 mm dan menghubungkannya dengan sistem kontrol terpadu, pemasangan sistem radar navigasi, pemasangan sistem kemudi dan termasuk overhaul, pemasangan dan pengoperasian tiga mesin utama dan dua generator utama."

Neyzeh dan Tabarzin adalah dua kapal perang dari kelas La Combattante IIa (Jerman) atau disebut sebagai kelas Kaman oleh Angkatan Laut Iran. Kedua kapal melengkapi Angkatan Laut Iran sejak 1981 dan total Iran memiliki 12 kapal dari kelas Kaman.

Agusta SH-3D Sea King Angkatan Laut Iran

Helikopter tempur Agusta SH-3D Sea King juga menjalani 20 bulan masa perombakan dan overhaul dan 7 bulan uji coba sebelum diluncurkan.

Kapal angkut helikopter Lavan dirancang untuk membawa helikopter RH dan SH serta kendaraan lapis baja angkut personel.