Friday, June 14, 2013

Iran Luncurkan Kapal Perusak Bayandor

Kapal perusak Bayandor

Angkatan Laut Iran pada hari Selasa, 11 Juni 2013, meluncurkan kapal perusak hasil upgrade bernama Bayandor di perairan selatan negara itu di hadapan Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal Ataollah Salehi dan Panglima Angkatan Laut Laksamana Habibollah Sayyari.

Para petinggi militer Iran mengatakan kekuatan Angkatan Laut Iran dalam hal mengamankan wilayah perairan negara serta menjaga keamanan di perairan regional dan internasional akan meningkat setelah peluncuran Bayandor.

Merombak mesin utama, heat exchangers, bahan bakar dan sistemnya, serta mengoptimalkan sistem kontrol monitoring adalah beberapa upgrade yang dilakukan sebelum kapal perusak ini diluncurkan.

Ahli Angkatan Laut juga memasang sistem kontrol tembak baru untuk kapal perusak tersebut, sebuah kanon 40 mm dan 76 mm dan sistem rudal permukaan-ke-permukaan Nour.

Kapal perusak Bayandor

Pada bulan Mei lalu, Sayyari telah menyatakan bahwa Iran bisa menggunakan kapal perusak Bayandor untuk melaksanakan misi di perairan internasional di masa depan.

Dia mengatakan kapal perusak tersebut juga dilengkapi dengan peralatan buatan dalam negeri seperti rudal, torpedo, artileri, sonar dan sistem komunikasi dan informasi lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah membuat prestasi besar di sektor pertahanan dan berhasil mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan militer dan sistem penting lainnya.

Kapal perusak pertama buatan Iran, Jamaran, diluncurkan pada akhir Februari 2010. Kapal perusak dari kelas Mowdge ini memiliki bobot perpindahan sekitar 14.000 ton dan dilengkapi dengan radar modern dan kemampuan perang elektronik dan dipersenjatai dengan berbagai rudal anti-kapal, rudal permukaan-ke-permukaan dan rudal permukaan-ke-udara.

Pejabat Kementerian pertahanan Iran sebelumnya juga telah mengatakan bahwa generasi ketiga kapal perusak Jamaran, Jamaran-3, akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.