Friday, June 14, 2013

Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 15 Dunia

Bersumber dari Perpustakaan Kongres AS, CIA.gov, EIA.gov. Wikipedia, energy.eu dan SIPRI.org, situs analisis militer Global Fire Power (GFP) merilis daftar 68 negara yang memiliki kekuatan militer terbesar.

Dengan 438.410 personel aktif, 400 tank, 444 pesawat dan 187 helikopter, dan 150 KRI, kekuatan militer Indonesia menduduki peringkat 15 dunia, di atas Iran dan dibawah Mesir. Dikatakan GFP, kekuatan militer Indonesia tidak hanya berkutat di dalam negeri saja namun sudah sanggup melawan invasi negara lain.

Kekuatan militer Indonesia

Mengapa Indonesia memiliki ranking yang baik menurut GFP? Karena perhitungan GFP tidak hanya terfokus pada jumlah dan kecanggihan alutsista. Perankingan GFP berdasarkan "power index," yang mana Indonesia adalah 0,7614 sedangkan peringkat 1 AS memiliki power index 0,2457 diikuti Rusia dan China masing-masing 0,2618 dan 0,3351.

Power index sendiri dipengaruhi oleh 40 faktor antara lain total populasi, personel aktif, total persenjataan darat, laut dan udara, logistik, pangkalan, produksi dan konsumsi minyak dan lain-lain. Sedangkan kekuatan nuklir tidak dihitung. Sebenarnya peringkat Indonesia kali menurun dua tingkat setelah update pada April lalu. Waktu itu peringkat Indonesia ada di nomor 13. Untuk lebih jelasnya silahkan ubek-ubek situs GFP disini.

Photo : Capture and edited from GFP