Saturday, March 07, 2020

AL AS Tugaskan Kapal Raksasa Untuk Dukung Berbagai Misi Maritim

USS Hershel "Woody" Williams (ESB 4)

Angkatan Laut AS secara resmi menugaskan kapal raksasa jenis Expeditionary Sea Base terbaru, USS Hershel "Woody" Williams (ESB 4), dalam sebuah upacara di Norfolk, Virginia, Amerika Serikat.

Kapal sepanjang 239 meter ini dilengkapi dek penerbangan seluas 4.831 meter persegi yang dapat mendaratkan hingga empat pesawat - helikopter dan Osprey - secara bersamaan.

Ini adalah kapal pertama yang menyandang nama Hershel Woodrow Williams, Warrant Officer Four dari Korps Marinir AS, yang merupakan seorang penerima Medal of Honor terakhir yang masih hidup yang diakui sebagai pahlawan di Pertempuran Iwo Jima selama Perang Dunia II.

Kapal Hershel "Woody" Williams dioptimalkan untuk mendukung berbagai misi berbasis maritim dan dirancang untuk empat kemampuan inti: fasilitas penerbangan, pelabuhan, equipment staging support, dan aset komando dan kontrol.

USS Hershel "Woody" Williams (ESB 4)

Kapal ESB juga dapat ditingkatkan untuk memenuhi misi pasukan operasi khusus melalui peningkatan komunikasi, penerbangan, dan dukungan sistem pesawat tak berawak.

Dibangun oleh General Dynamics NASSCO, Kelas Montford Point terdiri dari lima kapal dengan dua varian: Expeditionary Transfer Docks and Expeditionary Sea Bases. Bertindak sebagai pangkalan laut bergerak, ESB adalah bagian dari infrastruktur akses kritis yang mendukung penyebaran pasukan dan pasokan untuk menyediakan peralatan yang diposisikan dan mempertahankan distribusi yang fleksibel.

Platform ini memiliki hanggar penerbangan dan dek penerbangan yang mencakup empat tempat operasi yang mampu mendaratkan helikopterV-22 dan MH-53E atau yang sekelas, akomodasi, ruang kerja, dan penyimpanan persenjataan.

USS Hershel "Woody" Williams (ESB 4)

Platform ini juga akan menyediakan operasi kendaraan penerbangan tak berawak, peningkatan komando dan kontrol, komunikasi, komputer, dan kemampuan intelijen untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan misi pasukan. Area dek misi yang dapat dikonfigurasi ulang dapat menyimpan peralatan pasukan termasuk perahu karet lambung kaku dan mine sled.

Resources
  • Defence Blog