Sunday, March 08, 2020

Satuan Ukuran Standar

Satuan Standar

Ada kalanya kita bertanya :
  • 1 mil berapa kilometer?
  • 1 knot berapa kilometer/jam?
  • 1 mach berapa kilometer/jam?
  • 1 yard berapa meter?
  • 1 kaki berapa meter?
  • 1 inci berapa centimeter?
  • 1 pon berapa kilogram?

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui konversi dari satuan-satuan standar diatas, tapi sebagian lainnya juga tidak tahu atau lupa dengan konversi ini.

Artikel-artikel di sini seringkali menggunakan satuan-satuan tersebut, seperti mil, knot, mach atau yard. Mungkin sedikit membingungkan bagi yang tidak tahu. Nah, kini kami kembali mengingatkan untuk Anda dan terutama untuk kami sendiri. Sedikit ulasan, tapi mudah-mudahan bermanfaat.

Mil
Kita mungkin kurang familiar dengan istilah satuan kecepatan mil ini. Satuan kecepatan mil ini memang biasa dipakai dunia barat terutama Amerika Serikat dan Inggris. Mereka lebih kenal dengan mil ketimbang km, begitupun kita sebaliknya.
1 mil = 1,609 km

Knot
Satuan kecepatan knot ini biasa dipakai untuk mengukur kecepatan objek yang berjalan di laut misalnya kapal laut, kapal selam. Tapi knot juga sebenarnya digunakan dalam dunia penerbangan.
1 knot =  1,852 km/jam

Mach
Mach biasa digunakan sebagai satuan kecepatan objek yang terbang di udara, apakah itu rudal, pesawat supersonik, jet atau mungkin bahkan lemparan piring istri Anda he.... Mach 1 atau 1 mach artinya 1 kali kecepatan suara. Terus, berapa km/jam kecepatan suara itu?  Nah, sesungguhnya bilangan mach ini tidak fix secara pasti karena tergantung suhu dan tekanan udara dimana objek tersebut terbang. Jadi bisa lebih, bisa kurang, tapi bisa kita ambil patokan standar.
1 mach = 1.225 km/jam

Yard
Ukuran 1 yard hampir sama dengan 1 meter
1 yard = 0,9144 meter

Kaki/feet
Ukuran 1 yard itu 3 kaki, dan 3 kaki itu hampir 1 meter.
1 kaki = 0,3048 meter.

Inci
Coba ukur sesuatu dengan mistar. Ukuran yang menjadi patokan Anda adalah cm bukan? Tidak salah, karena memang itu yang umum kita gunakan. Satuan inci dalam kehidupan sehari-hari tampaknya hanya melekat pada ukuran bahan-bahan bangunan.
1 inci = 2,54 cm

Pon/pound
Ini satuan untuk ukuran berat. Ada kontroversi di satuan pon ini khususnya di Indonesia. Sebagian mengatakan bahwa pon itu berbeda dengan pound. Bila kata pound kita terjemahkan di Google Translate maka hasilnya adalah pon. Tapi ada yang menyangkal hal ini karena pon yang kita pakai selama ini adalah pon warisan Belanda yang berbeda ukurannya dengan pound internasional. Dalam kamus Belanda, 1 pon yang kita pakai selama ini adalah setara dengan 500 gram atau 1/2 kilogram. Dalam ukuran internasional, 1 pound itu bukanlah 1/2 kilogram tapi 0,45359237 kg. Untuk ukuran pon yang sering kami tuliskan di sini adalah ukuran pon internasional.
1 pon = 0,45359237 kg

Tidak hanya satuan diatas, masih banyak lagi satuan-satuan standar lain yang tidak kami tuliskan. Tapi berhubung blog ini cenderung hanya menggunakan satuan-satuan diatas, ya cuma ini yang kami ulas.