Wednesday, February 19, 2020

TNI AU Sukses Upgrade Mandiri F-16

F-16 TNI AU

TNI AU sukses melakukan uji coba pesawat tempur F-16 A/B Block 15 hasil upgrade yang dipiloti Dwayne "Pro" Opella di Apron Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Selasa (18/2/2020).

"Dengan terbangnya pesawat TS-1610, telah menjadi bukti pencapaian, bahwa anak bangsa juga mampu untuk meng-upgrade secara mandiri pesawat tempur yang dimiliki Indonesia," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam keterangan tertulis kepada media, Rabu (19/2/2020).

Yuyu mengatakan, pesawat tempur F-16 berhasil diperbarui dalam program Enhanced Mid-Life Update (EMLU) – The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon STAR) yang dilakukan TNI AU dibantu PT Dirgantara Indonesia.

Dimana dalam proyek ini juga melibatkan Lockheed Martin, pengawas dari pabrik pesawat F-16 di Amerika Serikat.

Yuyu mengatakan, meskipun menemui beberapa kendala, namun program Falcon Star dan EMLU dirasa berhasil melahirkan pesawat perdana untuk kembali mengudara di langit Indonesia.

KSAU juga menjelaskan, program Falcon Star dan EMLU bertujuan untuk meningkatkan kemampuan airframe, avionic, dan armament system pesawat F-16 A/B Block 15, serta memaksimalkan usia pakainya menjadi 8.000 actual flying hours.

"Kita harus bangga bahwa bangsa Indonesia sudah mampu meng-upgrade pesawat F-16 menjadi lebih canggih setara dengan pesawat paling baru, yang mampu membawa persenjataan rudal jarak jauh, dilengkapi radar dan avionic terbaru," tegas dia.

Selain itu, Yuyu juga menambahkan, pihak-pihak terkait diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dengan lebih baik lagi. Sehingga sembilan pesawat lainnya dapat segera kembali terbang di angkasa.

"Saya optimis, keberhasilan perdana ini, ditambah dengan adanya masukan yang konstruktif dari Lockheed Martin, akan menjadi pembuka jalan dalam percepatan proses upgrade sembilan pesawat F-16 A/B lainnya," terang KSAU.

F-16 TNI AU

Kasau Apresiasi Program Falcon Star-eMLU Pesawat F-16 A/B Block 15

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE., M.M mengapresiasi pelaksanaan program Falcon Star-eMLU pesawat F-16 A/B Block 15 yang pengerjaannya dilakukan oleh teknisi-teknisi TNI AU di Skadron Teknik 042, Lanud Iswahjudi.

Apresiasi ini disampaikan Kasau pada saat menyaksikan Functional Check Flight atau uji terbang perdana, pesawat F-16 TS-1610 yang dilaksanakan di Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi, Selasa (18/2/2020). Pesawat F-16 TS-1610 merupakan salah satu dari 10 pesawat yang akan di upgrade melalui program ini.

Program Falcon Star-eMLU Pesawat F-16 A/B Block 15 TNI AU bertujuan meningkatkan kemampuan Airframe, Avionic dan Armament serta memaksimalkan usia pakai pesawat F-16 A/B Block 15 yang telah dioperasionalkan TNI AU sejak 30 tahun yang lalu.

Sementara Uji terbang perdana yang disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara tersebut, merupakan fase akhir dari task pengerjaan program Falcon Star-eMLU untuk menguji  seluruh hasil pengerjaan yang telah dilaksanakan meliputi  struktur pesawat, sistem avionic, dan sistem persenjataan.

F-16 TNI AU

“Yang lebih membanggakan adalah proyek ini dikerjakan langsung oleh teknisi TNI Angkatan Udara, sehingga melalui program ini kita dapat meningkatkan kemampuan pesawat, sekaligus transfer of teknologi dalam pengerjaannya dapat meningkatkan kemampuan teknisi-teknisi TNI Angkatan Udara,” demikian disampaikan Kasau saat diwawancarai oleh sejumlah awak media massa di hanggar Skadron Udara 3.

Sebelum pesawat melaksanakan uji terbang, Kasau berkesempatan membubuhkan tanda tangannya di bagian depan badan pesawat sebagai apresiasi atas keberhasilan program Falcon Star-eMLU Pesawat F-16 A/B Block 15 TNI AU.

Functional Check Flight dengan tema First Flight Ceremony TS-1610 ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat teras TNI AU diantaranya para Asisten Kasau, Koorsahli Kasau, Pangkoopsau II, Pangkoopsau I, Dankoharmatau, Kadispenau, Kadislitbangau, Kadiskomlekau, Kadislambangjaau, Kadisadaau dan sejumlah pejabat teras TNI AU lainnya.

Resources
  • Dispenau
  • Kompas
  • Gambar: Dispenau