Friday, October 12, 2018

Tahun Ini Penjualan Senjata AS Raup Rp 845 Triliun

Militer AS dan rudal

Penjualan senjata dan peralatan militer Amerika Serikat (AS) ke pemerintah asing naik 33 persen menjadi US$ 55,6 miliar atau Rp 845 triliun pada tahun fiskal yang berakhir 30 September.

Laporan ini diungkapkan seorang pejabat AS, seperti dilaporkan Reuters, 10 Oktober 2018, dan menyebut kenaikan keuntungan karena pembatasan lebih longgar pada penjualan telah mulai meningkatkan kesepakatan senjata.

Peningkatan penjualan militer asing terjadi sebagian karena pemerintahan Trump meluncurkan rencana "Buy American" baru pada bulan April yang melonggarkan pembatasan penjualan sambil mendorong pejabat AS untuk mengambil peran lebih besar dalam meningkatkan bisnis di luar negeri untuk industri senjata AS.

Presiden Donald Trump ingin menjadikan Amerika Serikat, yang sudah dominan dalam perdagangan senjata global, menjual persenjataan yang lebih besar ke dunia, meskipun ada kekhawatiran di antara para pendukung hak asasi manusia dan isu pengawasan senjata.

Ada dua cara utama pemerintah asing membeli senjata dari perusahaan AS: pertama, penjualan komersial langsung, negosiasi antara pemerintah dan perusahaan, kedua, penjualan militer asing, di mana pemerintah asing biasanya menghubungi pejabat Departemen Pertahanan di Kedutaan AS di ibu kota mereka. Keduanya membutuhkan persetujuan oleh pemerintah AS.

Adapun kontraktor senjata AS terbesar termasuk Boeing, Lockheed Martin, Raytheon, General Dynamics dan Northrop Grumman.

Banyak transaksi pertahanan rudal Amerika Serikat telah disepakati dalam satu tahun terakhir, termasuk pembelian sistem pertahanan rudal Patriot Polandia dan Rumania yang dibuat oleh Lockheed dan Raytheon.

Sekitar US$ 70 miliar atau sekitar Rp 1.064 triliun notifikasi penjualan senjata dan peralatan militer Amerika Serikat ke asing disampaikan ke Kongres tahun ini, sedikit kurang dari tahun sebelumnya, kata seorang pejabat pemerintah.

Angka US$ 55,6 miliar ini mewakili penandatanganan surat perjanjian untuk penjualan senjata dan peralatan militer asing antara Amerika Serikat dan sekutu.

Resources
  • https://dunia.tempo.co/read/1135005/jual-senjata-ke-asing-amerika-serikat-raup-rp-845-triliun