Wednesday, October 31, 2018

Kapal Induk Rusia Rusak Ketika Dok Tenggelam, Crane Membuat Lubang Besar di Dek

Admiral Kuznetsov berada di dok
Kapal induk Admiral Kuznetsov saat berada di PD-50 dry dock pada 2011 (Gambar: Lev Fedoseyev / TASS)

MOSKOW - Kapal induk satu-satunya milik Angkatan Laut Rusia mengalami kerusakan dalam kecelakaan ketika berada di dok Selasa yang menyebabkan satu orang hilang dan empat orang cedera.

Sebuah dok apung tenggelam pagi hari di Murmansk, menjatuhkan derek di dek kapal induk Admiral Kuznetsov, kata United Shipbuilding Corporation.

Kepala United Shipbuilding Corporation, Alexei Rakhmanov, mengatakan crane seberat 70 ton jatuh dan membuat lubang seluas 215 kaki persegi, tetapi Rakhmanov menambahkan bahwa itu tidak merusak sistem vital kapal.

Kecelakaan itu terjadi ketika kapal induk Admiral Kuznetsov berada di dok untuk perbaikan. Rakhmanov mengatakan kecelakaan itu mungkin disebabkan oleh lonjakan listrik yang tajam yang menyebabkan kegagalan pompa.

Empat pekerja terluka dan satu orang dilaporkan masih hilang, kata Gubernur Murmansk, Marina Kovtun, pada saluran televisi Rossiya 24 milik Rusia pada hari Selasa.

Admiral Kuznetsov
Kapal induk Admiral Kuznetsov Angkatan Laut Rusia

Rakhmanov mengatakan bahwa kecelakaan itu tidak akan mengarah pada perpanjangan masa perbaikan kapal induk itu. Setelah perbaikan, kapal induk itu akan dilengkapi dengan sistem kontrol modern dan senjata baru.

Rakhmanov mengakui, bagaimanapun, bahwa hilangnya dok besar, 80.000 ton akan mengganggu rencana modernisasi kapal angkatan laut Rusia lainnya. Dok itu menjadi satu-satunya struktur dari kapasitas yang dimiliki Rusia, dan tidak jelas apakah dok itu bisa diangkat kembali.

Kapal induk Admiral Kuznetsov diluncurkan pada tahun 1985 dan telah berulang kali mengalami gangguan masalah teknis.

Meskipun kapal induk yang turbinnya ini mengeluarkan asap hitam terlihat kuno dibandingkan dengan kapal induk bertenaga nuklir AS atau bahkan milik China, tetapi itu tetap memungkinkan Kremlin untuk memproyeksikan kekuatan jauh dari pantainya.

Dua tahun lalu, Admiral Kuznetsov dikerahkan ke Mediterania timur sebagai bagian dari kampanye Rusia di Suriah, meluncurkan serangan pertama dari kapal induk dalam sejarah angkatan laut Rusia. (fr)