Wednesday, October 31, 2018

Kanada Siap Terima Tawaran untuk Pengadaan 88 Jet Tempur Baru

CF-18 Kanada
CF-18 Angkatan Udara Kanada (Gambar: REUTERS / Ints Kalnins)

VICTORIA, British Columbia - Kanada mengharapkan untuk menerima tawaran resmi untuk pengadaan jet tempur baru pada bulan Mei 2019, dengan pesawat pertama akan dikirimkan pada tahun 2025, menurut pejabat pengadaan pemerintah Kanada.

Sebuah paket penawaran untuk 88 jet tempur telah diberikan kepada perusahaan-perusahaan sebagai feedback bagi mereka pada akhir tahun ini, kata Pat Finn, asisten deputi menteri untuk materi di Departemen Pertahanan Nasional Kanada.

Dari sana, instruksi penawaran akhir untuk pengadaan senilai CA $ 16 miliar (US $ 12 miliar) akan dikeluarkan dan tawaran diminta pada Mei 2019, tambahnya.

Pesawat-pesawat baru ini nantinya akan menggantikan armada jet tempur CF-18 Kanada saat ini.

Pesawat yang dipertimbangkan adalah Lockheed Martin F-35, Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, Saab's Gripen, dan Boeing Super Hornet.

Pemerintah Kanada akan membutuhkan paket kuat dari jaminan manfaat industri atau offset dari pemenang tender, kata pejabat pemerintah. Tapi itu bisa menjadi masalah bagi F-35, karena Kanada masih menjadi mitra dalam program itu, yang tidak menjamin kontrak dengan negara peserta.

Turut serta dalam program F-35 didasarkan pada nilai dan harga terbaik.

Partisipasi industri Kanada sendiri dalam program F-35 telah mencapai $ 1 miliar, sebagaimana lebih dari 110 perusahaan Kanada telah mendapatkan kontrak yang terkait dengan program tersebut. (fr)