Puluhan Perahu Robot China Muncul di Laut China Selatan

Thursday, May 31, 2018
Perahu tanpa awak China

Sebuah video yang muncul pada 30 Mei di jaringan internet China menunjukkan sekumpulan perahu kecil tanpa awak yang berjumlah 56 buah dioperasikan di Kepulauan Wanshan, di Laut China Selatan.

Perahu-perahu robot China ini diyakini tidak bersenjata, tapi perlu diketahui, perusahaan yang ada di belakangnya -Yunzhou Tech Corporation- sebelumnya telah memamerkan sebuah perahu tanpa awak bersenjata dalam "Civil-Military Integration Expo"  di Beijing, Juli tahun lalu.

Fokus uji coba ini adalah pada teknologi mutakhir yang dipercaya China dapat memberikan keuntungan simetris dalam hal terjadi konflik dengan Amerika Serikat. Dengan kata lain, China mungkin ingin menggunakan teknologi dan taktik yang murah untuk mengeksploitasi kelemahan yang tidak diantisipasi oleh lawan.

Dalam pengujian ini, kumpulan perahu tanpa awak yang berbaris rapi berlayar menghadapi kondisi laut yang kompleks dan selalu berubah. Sesekali, 56 perahu kecil ini membentuk suatu formasi unik, dan menghindari pulau-pulau dan terumbu karang.


Sebenarnya, bagian yang mahal dan sulit dari sekumpulan robot adalah teknologi yang tidak terlihat, yakni jaringan dan algoritma untuk membuat robot bekerjasama, baik untuk bertindak, merespon, ataupun menghindari rintangan. Perahu itu sendiri bukanlah barang mahal apalagi bagi militer.

Tidaklah sulit mempersenjatai perahu-perahu kecil ini dengan roket, rudal, atau bahan eksplosif lainnya, dan mengirimkannya ke kapal jelajah musuh yang senilai USD 1 miliar. Diibaratkan segerombolan nyamuk, sulit untuk membunuh semuanya.

Namun, militer China tampaknya tidak sepenuhnya meng-amini konsep tersebut, karena banyak Jenderal China yang berpikiran konservatif yang lebih suka PLA (Tentara Pembebasan Rakyat) fokus pada peningkatan dan perluasan kekuatan militer konvensional, yakni kemapanan kapal perang, jet tempur dan rudal.

Mereka tidak mau mengambil risiko untuk teknologi yang sebagian besar belum teruji. Tapi tetap saja ini menunjukkan potensi China menggunakan "marinir robot" dalam operasi militer maritim di masa mendatang.

Resources
  • https://m.huanqiu.com/r/MV8wXzEyMTIxODI2XzE0NTNfMTUyNzY2MjQ2MA==
  • https://defence.pk/pdf/threads/chinese-unmanned-boat-formations-appear-in-the-south-china-sea-changing-shape-to-an-aircraft-carrie.561119/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment