Friday, June 01, 2018

UAV Baru Rusia "Katran" Akan Uji Coba Tahun Ini

UAV Katran

Rusia telah menampilkan UAV rotary-wing "Katran" selama parade Victory Day pada 9 Mei lalu. Uji coba UAV Katran sendiri dijadwalkan pada pertengahan tahun 2018, menurut sebuah sumber yang dilansir dari laman IHS Jane.

Katran dirancang untuk misi pengintaian dan dukungan tempur, mengambil gambar atau video, atau pencitraan termal. Dengan dibekali fitur rotor co-aksial, Katran dapat mendarat di landasan udara terbatas dan tak beraspal.

Katran memiliki bobot take off normal 340 kg untuk kinerja terbaiknya, tetapi juga mampu take-off hingga bobot maksimum 490 kg jika diperlukan. Kendaraan itu membawa muatan 120 kg. Daya dorong, waktu penerbangan, dan karakteristik muatan Katran tak tertandingi di kelasnya.

UAV helikopter segala cuaca ini mampu membawa berbagai peralatan, memungkinkannya berfungsi sebagai pengintai atau platform peperangan elektronik, atau melakukan serangan dengan menggunakan amunisi guided atau un-guided.

UAV  yang dibekali kemampuan bermanuver ini dapat terbang hingga ketinggian dua kilometer, dan kecepatan terbang maksimal 130 km perjam.