Friday, May 04, 2018

Presiden Pastikan Brunei Beli Senjata dan Panser Anoa dari Pindad

Jokowi dan Sultan Brunei
Presiden Joko Widodo menerima  kunjungan kehormatan Sultan Brunei Darussalam Paduka Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Kamis (3/5).

Presiden Joko Widodo memastikan, Brunei Darussalam resmi membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) produksi PT. Pindad.

"Iya, tadi sudah di dalam proses (pembelian)," ujar Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 3 Mei 2018.

Pemerintah pun sudah berkoordinasi dengan PT. Pindad mengenai alutsista apa yang akan diproduksi sesuai pesanan Brunei.

"Tadi kita juga sudah perintahkan untuk segera diproses mengenai pembelian yang ada di Pindad, baik berupa senjata, maupun tank Anoa," ujar Jokowi. Namun, Jokowi tak memerinci jenis senjata apa yang dibeli Brunei, tapi kemungkinan besar adalah senapan SS.

Panser Anoa adalah ranpur lapis baja buatan PT. Pindad. Utamanya, kendaraan ini diproduksi sebagai kendaraan angkut personel atau APC (Armoured Personnel Carrier). Namun Pindad juga membuat varian Anoa lainnya yakni Recovery, Ambulance, Logistic, dan Intai.

Dalam pertemuan bilateral yang dilangsungkan di Istana Presiden Bogor, Presiden Jokowi juga sempat menawarkan kapal laut dan pesawat CN kepada Sultan Brunei, Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

Namun, Sultan Bolkiah belum bisa menjawab penawaran tersebut. "Beliau menyampaikan, masih hitung- hitung dulu. Tadi langsung dipanggil menteri beliau," ujar Jokowi.

Kunjungan Sultan Bolkiah ke Indonesia kali ini merupakan kunjungan balasan atas kehadiran Presiden Jokowi dalam perayaan 50 tahun Sultan Bolkiah Bertahta pada Oktober 2017 lalu.

Dalam pernyataannya, Sultan Bolkiah mengapresiasi sambutan Presiden Jokowi dalam lawatannya kali ini. "Saya percaya pertukaran lawatan ini mencerminkan semangat setia kawan yang erat serta kepahaman yang sekian lama terjalin di antara kedua negara," ujar Sultan Bolkiah.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi mengungkapkan Brunei tertarik investasi di bidang perkapalan dan pelabuhan. "Brunei tertarik bekerja sama di bidang alutsista, makanya nanti di Mabes TNI ada showcase dari PT Pindad, PT DI, dan PT PAL. Kendaraan tempur spesifik apa, belum disebutkan," ungkapnya.

Resources
  • https://nasional.kompas.com/read/2018/05/03/20442731/jokowi-pastikan-brunei-darussalam-beli-tank-anoa-dan-senjata-api-produksi
  • https://news.detik.com/berita/4003554/brunei-sepakat-beli-senjata-dan-tank-anoa-dari-indonesia