Membawa F-35, Kapal Perang AS Latihan Bersama Jepang

Friday, April 13, 2018
Latihan Angatan Laut AS dan Jepang
USS Green Bay, depan, USS Wasp, tengah, dan JS Shimokita berlayar dalam formasi di Laut China timur, Senin, 9 April 2018 (Foto: TAYLOR KING/U.S. NAVY)
USS Wasp, kapal serbu amfibi kelas Wasp, salah satu kapal perang permukaan terbesar milik US Navy, berlatih bersama kapal LST (Landing Ship Tank) JS Shimokita, kapal milik Japan Maritime Self Defense’s (JMSDF) untuk pertama kalinya pada 9 April lalu di Laut China Timur.

Dua kapal amfibi ini, berlayar dalam formasi, melakukan “navigational maneuvers”. Mengkoordinasikan titik pertemuan dan menggunakan sinyal taktis universal untuk membangun kesepahaman dan interoperabilitas. Secara umum, latihan angkatan laut ini adalah untuk menunjukkan komitmen aliansi kedua negara untuk keamanan di wilayah AS dan Jepang.

Ini adalah pertama kalinya USS Wasp berlatih bersama JMSDF sejak kedatangannya di dermaga angkatan laut Sasebo, Jepang pada 14 Januari, menggantikan "saudaranya" USS Bonhomme Richard sebagai kapal serang amfibi terbesar yang dikerahkan Armada ke-7 US Navy.
Kapal serang amfibi USS Wasp
USS Wasp berlayar di Laut Mediterania pada Agustus 2016 (Foto: USMC/Cpl. Ryan G. Coleman)
USS Wasp membawa detasemen F-35B, varian lepas landas pendek dan mendarat vertikal dari jet tempur supersonik generasi kelima Amerika Serikat F-35B Lightning II.

Kapal serbu amfibi kelas Wasp seukuran kapal induk kecil dan dapat mengakomodasi sekitar 31 pesaat militer termasuk AV-8B Harrier II, helikopter MH-60S Knighthawk, helikopter Viper AH-1Z, dan pesawat tilt-rotor MV-22 Osprey. Kapal ini juga mampu mengangkut 2.200 pasukan serbu. Tahun lalu, USS Wasp menjalani retrofitting agar dapat mengakomodasi dan meluncurkan jet tempur siluman F-35B.

USS Wasp mampu menampung hingga enam F-35B. Dilengkapi dengan sistem tempur baru selain Wasp's MK 2 Ship Self Defense System, radar pencarian horizon SPQ-9B, dan MK 57 NATO Sea Sparrow Missile System upgraded.
JS Shimokita
JS Shimokita berlayar di laut Filipina dalam Latihan Annual Exercise (ANNUALEX) 21G, 15 November 2009 (Foto: Greg Johnson / US Navy)
JS Shimokita adalah salah satu dari tiga kapal LST kelas Osumi yang dioperasikan JMSDF. Kapal ini mampu mengangkut hingga delapan helikopter. JMSDF menyebut kapal ini sebagai LST, namun kapal ini tidak memiliki pintu busur dan "beaching capability" yang melekat sebagai fitur LST. Secara fungsional, kapal ini lebih mirip sebagai LSD (Landing Ship Dock).

Selain dua kapal tersebut, kapal LPD kelas San Antonio, USS Green Bay juga ambil bagian dalam latihan itu. USS Grenn Bay mampu mengangkut dua pesawat tilt-rotor MV-22 Osprey atau empat helikopter Ch-46 Sea Knight.

Article Resources
  • https://thediplomat.com/2018/04/us-f-35-carrying-warship-holds-1st-naval-drill-with-japanese-navy/
  • https://www.stripes.com/news/uss-wasp-trains-with-japanese-ship-for-1st-time-since-arriving-in-japan-1.521229

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment