Friday, April 06, 2018

Inilah yang Terjadi Ketika Kapal Selam Naik ke Permukaan Es

HMS Hartford

Setiap beberapa tahun, Angkatan Laut AS melakukan latihan kapal selam di Lingkar Arktik, yang dikenal sebagai latihan ICEX. Kapal selam yang turut di ICEX tidak hanya "bersembunyi" di bawah permukaan es, tapi juga naik ke permukaan.

Gambar diatas adalah USS Hartford (SSN 768), kapal selam serang kelas Los Angeles, muncul di permukaan es pada ICEX 2018. Dan berikut ini adalah video dari Angkatan Laut AS yang menggambarkan suasana di dalam kapal saat USS Hartford naik ke permukaan.


Muncul di permukaan, berfoto atau membuat video bukanlah tujuan utama ICEX. Tujuan utama ICEX adalah mempraktekkan peperangan kapal selam di bawah es, seolah-olah seperti pecah perang antara NATO dan Rusia. Disini Angkatan Laut AS akan menguji sistem senjata bawah laut baru dan memvalidasi taktik untuk senjata. Di situlah banyak hal yang mungkin terjadi.

Pada latihan, kapal selam Angkatan Laut AS dan Inggris menembakkan torpedo di bawah permukaan es, yang kemudian torpedo tersebut harus diambil kembali oleh penyelam Angkatan Laut. Perlu diketahui, semua torpedo, bahkan torpedo untuk latihan seperti ini sangatlah mahal harganya. Karena itu perlu diambil lagi.

Tahun ini, USS Hatford melakukan latihan bersama USS Connecticut (SSN 22), kapal selam serang kelas Seawolf dan HMS Trenchant, kapal selam dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Di bawah ini adalah foto HMS Trenchant.

HMS Trenchant

Di bawah ini adalah video USS Connecticut yang naik ke permukaan.


Selama latihan, USS Connecticut dan USS Hartford masing-masing menembakkan beberapa torpedo. Torpedo ini tidak dilengkapi dengan hulu ledak dan hanya berbahan bakar minim.

Setelah kapal selam menembakkan torpedo, helikopter mengangkut peralatan dan personel ke lokasi dimana torpedo tersebut kehabisan bahan bakar dan mengapung. Setiap torpedo dilengkapi perangkat lokasi untuk memudahkan pencarian. Setelah ditemukan, tim yang terdiri dari 3-4 orang kemudian membuat/mengebor serangkaian lubang pada es agar penyelam dapat masuk dan keluar, dan untuk mengeluarkan dan mengangkat torpedo dengan helikopter.

Setelah lokasi torpedo diketahui, penyelam masuk ke air untuk menempatkan beban pada ujung ekor torpedo. Beban ini akan memudahkan pergeseran torpedo di bawah es (dari daya apung positif ke daya apung netral). Selanjutnya penyelam memasangkan kabel ke bagian atas dan bawah torpedo, yang terhubung dengan helikopter untuk diangkat secara vertikal keluar dari lubang.

Penyelam torpedo AS (ICEX 2018)

Ini dia personil yang menyelami torpedo, petugas Underwater Construction Team One (UCT 1). Tebak, dia ingin makan dan minum apa selepas menyelam mengambil torpedo?

Article Resources
  • https://foxtrotalpha.jalopnik.com/this-is-what-it-looks-like-inside-a-submarine-breaking-1824898334
  • http://www.military.com/video/forces/navy/uss-connecticut-surfaces-in-the-arctic-ocean/5755067289001
  • http://www.military.com/video/forces/navy/uss-hartford-breaks-through-ice-at-icex-2018/5759919607001