Wednesday, June 12, 2013

Kapal Induk China Liaoning Kembali Uji Coba Laut

Kapal induk pertama China, Liaoning, telah meninggalkan markasnya di pelabuhan Qingdao, Provinsi Shandong d China Timur, untuk melakukan percobaan ilmiah dan pelatihan laut, otoritas Angkatan Laut China mengatakan Selasa, 11 Juni 2013.

Kapal induk China Liaoning

Menurut Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), itu adalah pertama kalinya Liaoning meninggalkan markasnya untuk melakukan latihan tersebut setelah berlabuh disana sejak bulan Februari. Uji coba dan pelatihan sebelumnya yang melibatkan Liaoning dan seluruh awaknya dilakukan di pelabuhan.

Kegiatan latihan selama uji coba laut ini terdiri dari latihan lepas landas dan pendaratan untuk semua pesawat angkut/transportasi.

Saat ini, China baru mengoperasikan satu kapal induk, Liaoning, yang merupakan kapal induk refitted dari kapal induk Rusia yang belum selesai dan dikirim ke Angkatan Laut China pada 25 September 2012 lalu.

Kapal induk Liaoning ini mampu membawa sekitar 30 pesawat yang bersayap tetap.

Liaoning sebelumya juga telah berhasil melepas-landas dan mendaratkan pesawat tempur buatan dalam negeri J-15 yang merupakan cikal bakal kekuatan tempur utama untuk kapal induk China.