Tuesday, January 17, 2012

10 Kapal Perang Terbaik dalam Sejarah

10. Hood Class (Battle Cruiser) - Inggris
kapal perang inggris
Hood Class (Battle Cruiser)

Dikenal sebagai 'Hood Perkasa', dianggap sebagai kapal perang terbesar yang pernah dibangun, dan sepanjang 1920-an dan 30-an melakukan tur dunia untuk mengumbar kekuatan dan ukurannya.


Tapi kebanggan tersebut akan segera hancur ketika Perang Dunia II dimulai. Angkatan Laut Hitler memiliki beberapa kapal perang paling modern dan canggih. Hood bertemu "jodohnya" pada Mei 1941 ketika ia datang menghadapi kapal perang Jerman Bismarck, dan kapal perang penjelajah Prinz Eugen.

Hanya butuh lima tembakan dari Bismarck untuk menjebol dinding besi dek Hood. Dalam delapan menit Hood tenggelam dan hanya tiga orang yang selamat dari 1418 kru.


9. Deutschland Class (Pocket Battleship) - Jerman
kapal perang jerman
Deutschland Class (Pocket Battleship)
Inggris menjuluki kapal perang Jerman Deutschland Class 'pocket battleship' karena ukurannya kecil tapi cepat dan mematikan. Rahasia kecepatan dan kekuatan kapal perang ini adalah karena desain yang inovatif yang membuat kapal menjadi lebih ringan.

Dengan menggunakan mesin diesel (bukan turbin uap) dan lambung elektrik dilas, Deutschland Class mampu menjelajah lebih dari 12.500 kilometer, setara dengan setengah jalan di seluruh dunia. Hal ini menebarkan ketakutan bagi seluruh angkatan laut sekutu.


8. Essex Class (Aircraft Carrier) - AS
kapal perang amerika serikat
Essex Class (Aircraft Carrier) 
Pada tanggal 17 Maret 1945, ketika terjadi serangan udara terhadap Pulau Honshu Jepang, sebuah kapal induk Essex Class - USS Franklin diserang. Secara beruntun pilot-pilot bunuh diri menyerang, USS Franklin berjuang untuk hidupnya. Selama lebih dari 12 jam kapal itu bagai sebuah tungku raksasa menyala. 724 anggota krunya tewas. Tetapi kapal itu tidak tenggelam karena rancang bangun yang baik dalam pembuatannya.

Total, 24 Essex Class telah dibuat dan ketika perang usai, Essex operator tetap bertugas selama 30 tahun. Tidak ada kelas lain dari kapal induk telah bertugas begitu lama atau begitu efektif.


7. Bismarck Class (Battleship) - Jerman
kapal perang jerman
Bismarck Class (Battleship)
Diluncurkan pada bulan Februari 1939, dan dikenal sebagai kapal favorit Hitler, saat itu petinggi Angkatan Laut Jerman sudah tidak sabar untuk membawa Bismarck pada peperangan. Pada tanggal 19 Mei 1941, mereka mendapat keinginan mereka. Bismarck melakukan patroli perang pertama di Atlantik Utara. Enam hari kemudian, pada 25 Mei, Bismarck terlihat oleh kapal perang Angkatan Laut Inggris HMS Hood (Battleship). Perang pun terjadi, lima tembakan dari senjata unggul Bismarck dimuntahkan dan Hood dikirim ke dasar laut.

Angkatan Laut Inggris ingin membalas dendam atas Hood, dan perintah itu keluar, "hancurkan Bismarck!" Selama lebih dari tiga hari armada Inggris memburu dan mengejar Bismarck. Akhirnya, pada pagi hari 27 Mei, dengan kemudi yang dihancurkan torpedo, kapal perang kebanggaan Angkatan Laut Jerman itu akhirnya terpojok. Selama lebih dari tiga jam Bismarck bertempur dengan armada Inggris dan di jam 10:39 dia tenggelam dengan lebih dari 2000 orang hilang.


 6. North Carolina Class (Battleship) - AS
kapal perang amerika serikat
North Carolina Class (Battleship)
Pada tanggal 1 Juni 1940, kapal perang pertama Carolina Utara yaitu USS Washington, diluncurkan. USS Washington dan adiknya USS North Carolina, adalah generasi terbaru dari kapal perang Amerika yang disebut-sebut memiliki torpedo dan dinding dek yang lebih baik, daya tahan dan juga gas protection. Selama tiga tahun berikutnya nyaris tidak ada tugas yang berarti bagi USS North Carolina



5. Fletcher Class (Destroyer) - AS
kapal perang amerika serikat
Fletcher Class (Destroyer)
Ketika salah kapal perang kelas Fletcher dihancurkan, USS Johnston ditugaskan, Kapten nya membuat pidato pada krunya : "This is going to be a fighting ship. I intend to go in harms way, and anyone who doesn't want to go along had better get off right now." Pada tahun 1943 awal, lima pertama Fletcher kelas perusak telah tiba di Pasifik, tugas mereka adalah untuk menargetkan dan menghancurkan konvoi pasokan Jepang.


4. Ticonderoga Class (Missile Cruiser) - AS
kapal perang amerika serikat
Ticonderoga Class (Missile Cruiser)
Awalnya dikembangkan sebagai alat perang pada Perang Dingin di tahun 1970 sebagai jawaban atas perlombaan senjata dengan Soviet. Peran pertama kelas Ticonderoga 'dipandang sebagai penghancur rudal. Tapi itu dirasakan kurang oleh petinggi Angkatan Laut, bahwa sesuatu yang lebih besar dibutuhkan, sehingga Ticonderoga ditingkatkan menjadi kapal penjelajah cepat di 1980 an. Dikenal sebagai pioneer kapal perang yang 'dikendalikan komputer'.


3. Queen Elizabeth Class (Battleship) - Inggris
Queen Elizabeth Clas
Queen Elizabeth Class (Battleship)
Diluncurkan pada tahun 1913, kapal perang Queen Elizabeth adalah yang pertama dari desain kapal perang cepat yang didukung oleh minyak daripada batubara. Pada awal 1916, ia bergabung dengan kapal-kapal (kakaknya) - Barham, Malaya, Valiant dan Warspite. Bersenjata delapan 16-inci senjata utama, dan enam belas 6-inci sekunder, Queen Elizabeth Class adalah kapal perang kelas paling kuat Inggris di Perang Dunia 1


2. Nimitz Class (Aircraft Carrier) - AS 
kapal perang amerika serikat
Nimitz Class (Aircraft Carrier) 
Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, ancaman Perang Dingin lenyap dan peran kapal perang kelas Nimitz berubah menjadi salah satu penjaga perdamaian di seluruh dunia. Memiliki kemampuan untuk pergi ke mana pun di dunia langsung pada saat perintah diturunkan, kecepatan 30 knot, membuat Nimitz berharga bagi Angkatan Laut AS. Yang membuat Nimitz makin istimewa adalah dua reaktor nuklir yang memungkinkan mereka untuk menjelajah dunia tanpa batas.


1. Iowa Class (Fast Battleship) - AS
kapal perang amerika serikat
Iowa Class (Fast Battleship)  
Seperti kucing, kapal perang cepat Iowa seperti memiliki banyak nyawa. Baru saja beristirahat dari Perang Dunia II, Iowas segera ditarik untuk aksi dalam Perang Korea lalu perang Vietnam. Pada tahun 1991, Iowa menerima tugas lagi yaitu operasi badai gurun.