Friday, March 06, 2020

Kapal Perusak Tipe 052D dan Tipe 054A Baru AL China Kini Siap Tempur

Dua kapal perang yang baru-baru ini resmi menjadi bagian Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), yaitu kapal perusak Tipe 052D dan fregat Tipe 054A sekarang siap untuk melakukan pertempuran setelah melewati semua ujian pelatihan, Angkatan Laut PLA mengumumkan pada hari Rabu.

Para ahli mengatakan bahwa Angkatan Laut China telah melaksanakan program pelatihan pelaut dengan baik sejalan dengan semakin banyaknya kapal perang yang mereka terima.

Perusak Tipe 052D

Komando Armada Utara Angkatan Laut PLA belum lama ini menggelar ujian pelatihan peperangan laut selama tiga hari. Pelatihan adalah untuk menguji semua subjek di laut yang menampilkan dua kapal perang baru yang baru-baru ini ditugaskan secara bersamaan, dan keduanya terbukti siap tempur, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh Armada Utara Angkatan Laut China pada akun Sina Weibo pada hari Rabu.

Kedua kapal perang itu adalah perusak rudal Tipe 052D Guiyang dan fregat rudal Tipe 054A Zaozhuang. Keduanya bergabung dengan Angkatan Laut China pada Februari 2019 lalu.

Selama pemeriksaan pelatihan, yang ditujukan untuk menguji kemampuan kapal perang dalam menghadapi berbagai jenis ancaman di saat bersamaan dan situasi darurat, kedua kapal membentuk flotilla dengan kapal lain dan berlayar ke area tertentu di Laut Kuning, kata CCTV.

Kapal permukaan lainnya, kapal selam, jet tempur, pesawat peringatan dini, helikopter, stasiun pengamatan dan unit pengacau juga berpartisipasi baik sebagai unit pendukung atau musuh tiruan. Puluhan skenario pertempuran disimulasikan, termasuk intersepsi target udara dan anti-kapal selam, CCTV melaporkan.

Fregat Tipe 054A China

Guiyang dan Zaozhuang mencapai kesiapan tempur hanya dalam waktu satu tahun, dan kapal perang China lainnya bahkan mencapai kesiapan tempur dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini berarti Angkatan Laut China melatih para pelaut baru dengan kecepatan yang mengesankan, seorang pakar militer yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Global Times pada hari Rabu.

China telah membangun banyak kapal perang untuk mengembangkan angkatan lautnya, tetapi kapal-kapal baru ini harus dioperasikan oleh para pelaut yang cakap, kata pakar itu, sambil mencatat bahwa program pelatihan Angkatan Laut China telah mengimbangi pembangunan kapal perang, dan keseluruhan pengembangan Angkatan Laut China berjalan dengan lancar. (Navy Recognition)