Wednesday, March 11, 2020

Infanteri Rusia Segera Terima Senapan Serbu AK-12

AK-12

Divisi infanteri ke-150 Angkatan Darat Rusia dari Distrik Militer Selatan akan menjadi yang pertama menerima senapan serbu AK-12 dan pakaian tempur Ratnik generasi terbaru. Pemenuhan seluruh senjata ini akan memakan waktu dua tahun.

AK-12 mampu secara efektif mengenai target pada jarak ratusan meter dan baju tempur Ratnik memungkinkan infanteri bergerak secara leluasa di medan perang dan terlindungi dari peluru dan fragmentasi. Para ahli yakin keduanya akan meningkatkan kemampuan tempur infanteri Rusia, tulis harian Izvestia.

Menurut jadwal, AK-12 dan Ratnik akan diterima akhir tahun ini, sumber-sumber di Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan. Divisi infanteri ke-150 Ordo Kutuzov dikerahkan di wilayah Rostov dan merupakan bagian dari pasukan gabungan ke-8.

Meskipun menjadi bagian distrik Selatan, divisi itu juga memperkuat sisi barat dimana di sana Rusia berhadapan dengan pasukan NATO yang bersenjata lengkap, kata pakar Valery Yuryev.

“AK-12 mudah ditransformasi. Pemandangan (sight), perangkat night vision atau senter baru dapat dengan cepat dan mudah dipasang di sana. Desain buttstock AK-12 adalah teleskopik untuk mengubah panjang tergantung ukuran lengan prajurit. Baik orang kidal maupun tidak, akan dengan mudah mengoperasikan AK-12. Isi magazennya bisa dilihat sehingga tentara bisa melihat sisa persediaan kartrid dan hati-hati dalam menembak. Senapan baru dan Ratnik akan meningkatkan kemampuan prajurit dan unit senapan, ”kata Yuryev.

Divisi ke-150 terdiri dari infanteri, tank, artileri, resimen pertahanan udara, unit komunikasi, serta pengintaian dan logistik. Lima township dibangun dalam waktu kurang dari setahun untuk mengakomodasi personel, serta utilitas dan tempat administrasi, parkir dan gudang, dan infrastruktur pelatihan tempur.

AK-12 memang menyerupai Kalashnikov klasik tetapi sebenarnya ini senapan serbu baru. Desainnya telah diubah menjadi fire in bursts dalam dua tembakan. AK-12 memiliki kepadatan dan keandalan menembak  yang lebih baik dari semua mekanisme.

AK-12 cocok untuk magazen AK-74 biasa dengan 30 kartrid. Juga ada rel Picatinny untuk mengubah pemandangan, senter dan memasang bipod sebagai stasioner. Senapan ini dapat dipasangi peluncur granat GP-25 dan GP-30. AK-12 memiliki kompatibel sebesar 54 persen dengan AK-74M sehingga ini dapat menurunkan biaya produksi.

Sedangkan baju tempur Ratnik terdiri dari senjata api modern, perlindungan efektif, komunikasi dan pengintaian, pemandangan dan pencitraan panas. Ada total sepuluh subsistem. Secara khusus, ada helm 6B47, rompi 6B45 dengan panel anti peluru perlindungan kelas 5A, 6B49 combat set untuk melindungi lengan, kaki, dan wajah dari fragmentasi, kata Izvestia.