Wednesday, October 24, 2018

Video Detik-Detik Helikopter Mi-17 Angkatan Laut Meksiko Jatuh ke Laut

Video helikopter Mil Mi-17 Angkatan Laut Meksiko dengan 12 awaknya jatuh ke laut di Teluk Santa Clara, Baja California, pada 20 Oktober.

Helikopter Mi-17 Meksiko jatuh di laut

Sebuah helikopter Mil Mi-17 Angkatan Laut Meksiko jatuh pada Sabtu saat misi pemantauan penangkapan ikan ilegal di lepas pantai Baja California.

Kapal Sea Shepherd M / V Farley Mowat turut berpartisipasi dalam operasi pencarian dan penyelamatan (SAR), hasilnya 11 dari 12 awak berhasil diselamatkan.

Secara kebetulan, para saksi merekam saat helikopter Mi-17 itu jatuh. Rekaman video menunjukkan helikopter itu berputar-putar dan kehilangan ketinggian dan moncongnya mengarah ke laut.

Menggunakan teknik yang sama yang biasa digunakan untuk menemukan alat tangkap ikan ilegal, kelompok konservasi laut menunjukkan posisi yang tepat dari kecelakaan helikopter Mi-17 di dasar laut menggunakan sonar, membantu Angkatan Laut Meksiko.


Helikopter MI-17 nahas itu sedang dalam misi patroli untuk memastikan laut di Teluk Atas California bebas dari kegiatan penangkapan ikan ilegal. Nelayan di daerah itu melaporkan insiden itu kepada pihak berwenang menggunakan ponsel dan melaju ke lokasi kejadian menggunakan perahu kecil, tak lama Angkatan Laut Meksiko datang ke lokasi kejadian.

Sembilan dari awak dilaporkan dalam kondisi baik, dengan dua luka serius dan dirawat di rumah sakit dan satu masih dilaporkan hilang. Penyebab kecelakaan itu masih diselidiki Angkatan Laut Meksiko.

Sebagian besar penumpang diselamatkan oleh perahu nelayan dan kapal Angkatan Laut Meksiko, yang sudah berada di laut. Insiden ini masih diselidiki, menurut rilis.

Mi-17 Angkatan Laut Meksiko
Mi-17 Angkatan Laut Meksiko (Sputniknews)

Mil Mi-17 (dikenal sebagai Mi-8M di kedinasan Rusia) merupakan helikopter angkut kelas menengah buatan Rusia. Saat ini Mi-17 diproduksi di dua pabrik, yaitu di Kazan dan Ulan-Ude. Helikopter ini adalah pengembangan dari Mil Mi-8 yang menjadi andalan Pakta Warsawa semasa Perang Dingin. Indonesia juga mempunyai beberapa Mi-17 yang dioperasikan oleh TNI-AD. (fr)