Monday, October 15, 2018

Kecelakaan Aneh: F-16 Belgia Hancur Total Ditembak F-16 Lainnya

Kecelakaan F-16 Belgia Hancur Total

Kecelakaan aneh ini bukan terjadi di udara, tapi saat kedua F-16 berada di darat. Ini merupakan kejadian kecelakaan pelepasan senjata kedua di Eropa tahun ini.

Sebuah F-16 Angkatan Udara Belgia (BAF) hancur dan F-16 lainnya rusak ketika kanon M61A1 Vulcan 20mm milik F-16 lainnya secara tidak sengaja ditembakkan oleh personel perawatan di Pangkalan Udara Florennes di daerah Walloon di Belgia Selatan pada hari Jumat, 12 Oktober 2018.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa teknisi yang bekerja pada F-16 yang diparkir itu secara tidak sengaja menembakkan kanon enam laras Vulcan 20mm dari jarak dekat ke dua F-16 yang tengah parkir. Foto-foto menunjukkan satu F-16 hancur total di darat. Dua personel pemeliharaan dilaporkan terluka dan dirawat.

Kecelakaan F-16 Belgia Hancur Total

Kecelakaan F-16 Belgia Hancur Total

Kecelakaan F-16 Belgia Hancur Total

Di sebuah hanggar, diposisikan pada perpanjangan jalur penerbangan, seorang teknisi sedang mengerjakan sebuah F-16. Dikatakan bahwa teknisi itu secara tidak sengaja mengaktifkan kanon enam laras 20mm Vulcan M61A-1 milik F-16 yang dikerjakannya. Rupanya, kanon itu memuat amunisi dan beberapa amunisi menghantam F-16 lainnya yang bernomor registrasi FA128. FA128 itu baru saja diisi bahan bakar dan disiapkan untuk terbang sortie bersama F-16 lainnya. Terkena dampak peluru 20mm, FA128 meledak seketika dan ledakannya merusak F-16 lainnya.

Pangkalan udara di Florennes adalah rumah bagi Belgian 2nd Tactical Wing yang terdiri dari 1st ‘Stingers’ Squadron and the 350th Squadron.

Sebuah laporan di F-16.net mengatakan bahwa, “F-16 (# FA-128) hancur total sementara F-16 kedua mengalami kerusakan akibat ledakan. Dua personel terluka dan dirawat di tempat kejadian. Cedera yang diderita sebagian besar disebabkan oleh ledakan. ”

Laporan berita yang diterbitkan Jumat malam lalu mengatakan, “F-16 diparkir di dekat hanggar ketika secara tidak sengaja ditembak oleh F-16 lain yang menjalani perawatan darat rutin. Beberapa detonasi terdengar dan asap hitam tebal terlihat bermil-mil di sekitarnya. Petugas pemadam kebakaran sipil bahkan telah dipanggil untuk membantu petugas pemadam kebakaran di pangkalan udara untuk mengatasi insiden itu. Sekitar tiga puluh orang dikerahkan di lokasi dan beberapa ambulans diberangkatkan. Direktorat Keselamatan Penerbangan (ASD) saat ini sedang menyelidiki penyebab pasti. "

Kecelakaan F-16 Belgia Hancur Total

Kecelakaan F-16 Belgia Hancur Total

Kecelakaan itu cukup aneh: tidak jelas mengapa teknisi itu bekerja pada F-16 bersenjata yang dekat dengan jalur penerbangan. Bahkan jenis pemeriksaan atau pekerjaan tidak pernah diungkapkan. Yang pasti itu adalah pekerjaan yang telah mengaktifkan kanon meskipun pesawat berada di darat: penggunaan senjata onboard (termasuk kanon) biasanya diblokir oleh saklar yang aman ketika peralatan pesawat turun dengan tujuan mencegah kecelakaan serupa.

Ini adalah kali kedua di tahun ini, pelepasan senjata pesawat secara tak sengaja juga terjadi di Eropa. Pada 7 Agustus 2018, Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Spanyol secara tidak sengaja meluncurkan rudal AIM-120 Advanced Medium Range Air to Air Missile (AMRAAM) saat menjalankan misi pemolisian udara di dekat Otepää di Valga County, Estonia selatan. Insiden itu terjadi hanya 50km dari perbatasan Rusia.

Sebuah laporan sepuluh hari pasca insiden itu mengatakan pencarian senjata yang hilang itu dibatalkan. Rudal itu tidak pernah ditemukan. "Semua poin dampak teoritis dari rudal kini telah dicari secara hati-hati," kata Panglima Angkatan Udara Estonia Kolonel Riivo Valge dalam siaran pers EDF.

Selama dua minggu terakhir, kami mempekerjakan tiga helikopter, lima patroli darat, dan lima puluh unit personel yang kuat untuk melakukan pencarian di lapangan. Kami juga mendapat bantuan dari Rescue Board (Päästeamet) Explosive Ordnance Disposal Centre dan menggunakan drone Angkatan Udara dalam pencarian,” tambah Col. Valge.

"Meskipun pendekatan sistematis kami dan tindakan lokasi rudal yang terkena dampak belum diidentifikasi dan semua lokasi kemungkinan telah dikesampingkan seperti yang sekarang," Kolonel Valge menyimpulkan dalam rilis media 17 Agustus 2018 sepuluh hari setelah rudal itu secara tidak sengaja ditembakkan.

Karena protokol keamanan senjata ketat, terutama dengan amunisi seperti itu, berada di tempat selama penanganan darat, sangat jarang bagi personel perawatan untuk secara tidak sengaja melepaskan senjata pesawat.

Resources
  • Gambar 1: BAF via Scramble.nl
  • Gambar 4 : f-16.net
  • Gambar 2,3.5 & 6 :  Twitter (Tony Delvita)