Monday, September 10, 2018

Dua Su-35 Akan Ikut Parade HUT TNI 2019

Su-35

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menyatakan dua pesawat Sukhoi Su-35 yang dibeli dari Rusia akan dipamerkan pada Hari Ulang Tahun TNI pada Oktober 2019 mendatang.

Dia mengatakan masalah pembelian Sukhoi tersebut sudah rampung dan tinggal menunggu negosiasi antara Kementerian Perdagangan RI dengan Rusia mengenai komoditas yang akan ditukar dengan pesawat canggih itu.

“Jadi itu 50 persen dibayar anggaran negara, 50 persen dari sistem dagang jadi lebih hemat lagi negara ini,” ujar Ryamizard di Jakarta pada Senin.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Toto Sugiarto, dua pesawat itu akan melakukan parade dan defile. Pilot untuk pesawat generasi 4,5 itu sudah disiapkan.

“Ada beberapa pilot yang lagi disekolahkan di Rusia untuk mengawaki Pesawat Sukhoi Su-35,” kata Toto di Jakarta.

Pesawat Sukhoi itu, kata dia, segera masuk Hanggar Landasan Udara Iswahjudi di Magetan, Jawa Timur.

Sejak 2017 lalu, Indonesia sepakat membeli 11 unit Sukhoi Su-35 senilai USD1,14 miliar dolar AS. Dengan pembelian ini, Indonesia mewajibkan Rusia membeli produk-produk dari Indonesia senilai USD570 juta.

Selain itu, Rusia juga akan membangun fasilitas Maintenance, Repair, and Operating Supplies (MRO) di Indonesia senilai 35 persen dari transaksi.

BUMN Rusia, Rostec dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama tersebut saat Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita berkunjung ke Moskwa, Agustus 2017. (Anadolu Agency)