Thursday, September 27, 2018

4 Senjata Andalan Iran Bila Terjadi Perang

Parade militer Iran

Iran memang tak terlalu menonjol soal kekuatan militer. Tidak seperti Rusia yang diunggulkan karena punya banyak rudal balistik nuklir, atau Amerika Serikat yang dikenal dengan penyebaran militernya di seluruh dunia. Tapi jika dilihat lebih jauh, Iran masih punya banyak senjata tempur, yang mungkin mampu membungihanguskan suatu wilayah.

Berikut beberapa senjata canggih Iran, yang boleh dikhawatirkan negara-negara seterunya, termasuk Israel:

1. Tank Tempur Utama (MBT)

Tank Karrar Iran

Iran memiliki 1.616 buah tank. Kebanyakan merupakan tank tempur utama yang dimodifikasi atau diproduksi sendiri industri pertahanan Iran, seperti tank T-72Z (Safir-74) dan Zufiqar. Terbaru adalah tank tempur utama Karrar yang mulai diproduksi 2017 lalu. Sisanya, kekuatan darat Iran terdiri dari tank desain era Uni Soviet seperti T-54/55, T-62 dan T-72.

Selain itu, Iran punya kendaraan lapis baja sebanyak 1.315 kendaraan. Iran unggul di jumlah artileri. Mereka memiliki 2.000 artileri medan.

2. Kapal Selam

Kapal selam kelas Ghadir Iran

Di lautan, Iran punya 33 kapal selam. Selain tiga kapal selam kelas kilo yang merupakan buatan Rusia, Iran juga sudah mampu membuat kapal selam sendiri. Meskipun pada umumnya kapal selam yang dimiliki Iran adalah kapal selam cebol.

Ada beberapa tipe antara lain kapal selam kelas Ghadir dengan bobot benaman (saat menyelam) 120 ton dan Yugo dengan bobot benaman (saat menyelam) 90 ton. Iran juga punya 3 kapal korvet, 230 kapal patroli dan 10 kapal penyapu ranjau.

3. Pesawat Tempur

F-14 Tomcat Angkatan Udara Iran

Iran memiliki 137 pesawat tempur dan jet serangan darat dengan jumlah yang hampir sama. Angkatan Udara Iran mengandalkan MiG-29 Fulcrum dan Dasault Mirage F-1. Angkatan Udara Iran juga memodernisasi F-14 Tomcat yang mereka beli tahun 1974 dari Amerika Serikat.

Bulan Agustus lalu, Iran meluncurkan pesawat tempur baru "Kowsar". Media Teheran dalam laporannya mengatakan, Kowsar merupakan jet tempur generasi keempat yang telah dirancang dan diproduksi sendiri oleh para ahli militer Iran.

4. Rudal Balistik

Rudal balistik Ghadr 110 Iran

Pemerintah Iran mengakui bahwa rudal balistik Ghadr-110 mereka memiliki kemampuan nuklir. Ghadr 110 mampu menjangkau target sejauh 2.000 kilometer, atau sama dengan jarak tembak langsung ke Israel dari wilayah kekuasaan Iran.

Pihak militer Iran bahkan mengklaim teknologi rudal terkait mampu diaktifkan secara nirkabel dalam berbagai posisi peluncuran. Selain itu, rudal balistik tersebut juga diklaim Iran mampu lolos dari sistem pertahanan udara, karena memiliki teknologi anti-radar yang canggih.

Pemerintah dan militer Iran juga memiliki roket artileri Fajar 5. Roket ini didesain untuk serangan jarak menengah, dan mampu menghancurkan berbagai target sasaran, termasuk kendaraan lapis baja. Roket ini bisa menjangkau wilayah target hingga sejauh 75 kilometer dalam waktu tempuh yang termasuk cepat di kelasnya.

Resources
  • https://www.merdeka.com/dunia/4-senjata-canggih-yang-dimiliki-iran/punya-rudal-balistik.html