3 Senapan Shotgun Terbaik di Dunia

Saturday, September 15, 2018
Shotgun atau senapan gentel merupakan salah satu senjata api dengan menggunakan selongsong peluru berbentuk silinder.

Shotgun ini terbilang jenis berat, karena itu penembak biasanya menyandarkan popornya ke bahu agar tidak goyang ketika peluru ditembakkan, sehingga bisa tepat sasaran.

Saat perang, shotgun digunakan untuk menghancurkan target jarak jauh maupun dekat. Lubang ukuran larasnya biasanya berukuran 5,5 milimeter hingga yang ekstrem 5 sentimeter.

Berbagai jenis senapan shotgun sudah dibuat, namun tercatat ada tiga senapan shotgun yang diklaim terbaik di dunia. Apa saja? Berikut daftarnya:

1.  Auto Assault-12 Amerika Serikat

Senapan Shotgun AA-12 Amerika Serikat

Senapan shotgun ini muncul di pasar setelah Perang Vietnam, ketika militer AS sangat butuh senjata ampuh untuk pertempuran jarak dekat. AA-12 adalah senapan shotgun otomatis dengan magasin amunisi 32 putaran.

Fitur utama dari senapan ini adalah recoil (hentakan) yang rendah yang memungkinkan seorang penembak pemula tetap dapat menembak sasarannya dengan tepat


2. Saiga-12 Rusia

Senapan shotgun Saiga-12 Rusia
Kalau Amerika Serikat punya AA-12, Rusia mempunyai Saiga-12. Kedua senapan memiliki fitur tembakan beruntun, namun laju tembakan Saiga-12 hampir dua kali lipat lebih banyak.

Saiga-12 mengadopsi desain AK-47 yang dibuat dengan konfigurasi (varian) yang beragam. Shotgun itu dapat mengeluarkan 600 tembakan per menit.

Senapan memiliki dua mode tembakan otomatis dan semi otomatis, sehingga penembak bisa menggunakan sesuai kebutuhan. Namun, senapan ini dibuat untuk pertempuran jarak dekat dan tidak efektif untuk di atas 50 meter.


3. Benelli M-4 Super 90 Italia

Senapan shotgun Benelli M-4 Super 90 Italia

Benelli M-4 Super 90 dari Italia tidak hanya terkenal karena ergonomi dan keandalannya, tetapi juga karena bentuknya yang indah.

Senapan ini telah digunakan oleh unit militer dan penegak hukum AS. Kini, Senapan ini menggunakan pegangan yang dapat diatur dan rel Picatinny yang memungkinkan penggunanya memasang berbagai peralatan taktis untuk meningkatkan mobilitas operasional.

Senapan ini disukai oleh marinir AS dan telah menjadi senapan populer di pasar senjata sipil di Rusia. Shotgun yang berisi 7 buah peluru kaliber 12 gauge ini memiliki kecepatan tembak tinggi karena fungsinya yang semi-auto. Namun, senapan ini cukup mahal dibandingkan dengan senapan lainnya.


Resources
  • https://internasional.kompas.com/read/2018/09/15/19131971/mengenal-3-shotgun-terbaik-di-dunia-berikut-keunggulannya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment