Itulah Mengapa Latihan dan Uji Coba Jet Tempur itu Sangat Penting

Friday, August 31, 2018
Rudal lepas dari pesawat


Banyak sudah laporan tentang masalah-masalah yang dialami F-35 Lightning II. Padahal jet tempur ini harus menjadi tulang punggung masa depan dari banyak angkatan udara dunia. Pengujian F-35 tampak tiada akhir, perbaikan terus dilakukan seiring munculnya masalah baru, terus mengulang, dengan senjata yang belum benar-benar berfungsi dengan baik.

Uji coba pesawat itu sendiri dan latihan bagi pilot memang harus dilakukan dalam waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan mesin perang yang benar-benar berfungsi.

Bahkan, untuk sesuatu yang tampak sederhana seperti menjatuhkan bom atau menembakkan rudal sebenarnya sama sekali tidaklah mudah (belum lagi ditambah masalah moral). Apakah aerodinamis yang salah? Keseimbangan berat pesawat? Ketika komputer menerima instruksi untuk melepaskan rudal, bagaimana cara melakukannya? Dan begitu tombol ditekan, apa yang sebenarnya terjadi?

Saat ini hampir semuanya bisa dilakukan oleh komputer, tetapi tetap saja tidak semuanya. Dan tentu saja tidak secara historis. Agar tidak ada kesalahan dalam meluncurkan rudal, pesawat dan pilot harus sama-sama berfungsi dengan baik.

Jika tidak, inilah yang akan terjadi:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment