Sunday, August 12, 2018

AH-64 Apache: "Flying tank killer"

Helikopter Apache AH-64
Helikopter Apache AH-64 memiliki sensor di "hidung" untuk target acquisition and night vision systems. Dilengkapi dengan chain gun M230 kaliber 30 mm yang dibawa di antara roda pendaratan utama, di bawah heli bagian depan.

Helikopter Apache AH-64
Angkatan Darat AS adalah pengguna utama AH-64; heli ini juga menjadi helikopter serang utama dari berbagai militer dunia, termasuk Yunani, Jepang, Israel, Belanda, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Indonesia.

Helikopter Apache AH-64
Apache AH-64 Amerika Serikat telah bertugas dalam konflik di Panama, Teluk Persia, Kosovo, Afghanistan, dan Irak. Israel menggunakan Apache dalam konflik militernya di Lebanon dan Jalur Gaza; Apache Inggris dan Belanda juga disebarkan dalam perang di Afghanistan dan Irak.

Helikopter Apache AH-64
Salah satu fitur revolusioner dari Apache adalah helmet mounted display, Integrated Helmet and Display Sighting System (IHADSS); baik pilot maupun penembak dapat memerintah chain gun otomatis M230 30mm dari helm mereka, senapan dapat mengarah ke titik yang dilihat pilot atau gunner.

Helikopter Apache AH-64
Angkatan Darat AS secara resmi menerima AH-64A pertama pada Januari 1984 dan pelatihan pilot pertama dimulai akhir tahun itu. Unit Apache operasional pertama, 7th Battalion, 17th Cavalry Brigade, mulai berlatih pada AH-64A pada bulan April 1986 di Fort Hood, Texas. Dua unit operasional dengan 68 AH-64 pertama dikerahkan ke Eropa pada bulan September 1987 dan mengambil bagian dalam latihan militer besar di sana.

Helikopter Apache AH-64
Selama Operasi Badai Gurun pada 17 Januari 1991, delapan AH-64As yang dipandu oleh empat MH-53 Pave Low IIIs menghancurkan bagian dari jaringan radar Irak dalam serangan pertama operasi itu, yang memungkinkan pesawat untuk menghindari deteksi radar.

Helikopter Apache AH-64
Meskipun efektif dalam pertempuran, AH-64 juga menghadirkan komplikasi logistik yang serius. Temuan yang dilaporkan pada tahun 1990 menyatakan bahwa "unit perawatan tidak dapat mengikuti beban kerja Apache yang tidak terduga ..." Untuk menyediakan suku cadang untuk operasi tempur, Amerika Serikat secara tidak langsung juga "merumahkan" semua AH-64 lainnya dari seluruh dunia; Apache hanya terbang seperlima dari jam terbang yang seharusnya.

Resources
  • Gambar: Fotodom.ru/Rex Features