Sunday, July 08, 2018

Tinggal Sejarah: Armada Luar Angkasa Uni Soviet

Kosmonot Yuri Gagarin
Meskipun namanya terdengar demikian, Armada Luar Angkasa Soviet tidaklah dirancang untuk pertempuran antargalaksi. Namun, mereka adalah kapal-kapal ilmiah canggih yang memberikan kontribusi luar biasa terhadap eksplorasi ruang angkasa Soviet.

Armada Luar Angkasa Uni Soviet
Ketika Uni Soviet gencar mengembangkan program luar angkasa pada akhir 1950-an 60-an, mereka menghadapi masalah besar. Pusat kendali sistem ruang angkasa hanya dapat secara efektif melacak dan mengontrol pesawat luar angkasa ketika berada di orbit di atas wilayah Uni Soviet saja, sedangkan untuk di orbit lain Soviet "buta" akan pesawat luar angkasa mereka. Maka dari itu Soviet membutuhkan pusat pelacakan di seluruh muka Bumi, tetapi masalahnya mereka tidak punya kekuasaan di luar negeri. Jadi diusulkan untuk menggunakan kapal demi tujuan ini. Dengan demikian, lahirlah Armada Luar Angkasa Angkatan Laut Soviet.

Armada Luar Angkasa Uni Soviet
Kapal-kapal pertama Armada Luar Angkasa muncul pada akhir 1950-an dan untuk sementara dibuat dari kapal-kapal kargo. Namun, sejak tahun 1967 dan seterusnya, kapal-kapal pelacak (tracker) ini dibangun sesuai dengan desain yang seharusnya.

Armada Luar Angkasa Uni Soviet
Kapal tracker dilengkapi dengan peralatan paling canggih, termasuk puluhan parabola dan antena gelombang pendek, yang memungkinkan interaksi efektif dengan pesawat luar angkasa dan transmisi data ke pusat komando di daratan.

Armada Luar Angkasa Uni Soviet
Seluruh kapal tracker dari Armada Luar Angkasa diberi dinamai dari nama para kosmonot dan tokoh terkenal dalam sejarah keantariksaan Soviet: 'Cosmonaut Vladimir Komarov', 'Cosmonaut Vladislav Volkov', 'Akademisi Sergey Korolyov', dan lain-lain.

Armada Luar Angkasa Uni Soviet
Dibangun pada 1971, kapal utama dari Armada Luar Angkasa adalah 'Yuri Gagarin', yang merupakan kapal pelacak terbesar dan paling canggih di Uni Soviet dengan 86 laboratorium dan 75 antena di atas kapal. Stabilizer kapal memastikan kondisi kerja yang nyaman bahkan selama badai kencang.

Armada Luar Angkasa Uni Soviet
Kapal tracker digunakan tidak hanya untuk penelitian ilmiah luar angkasa, tetapi juga untuk menguji rudal balistik Angkatan Laut Uni Soviet. Namun, itu bukan misi utama mereka karena Angkatan Laut Uni Soviet punya kapal tracker militer khusus untuk menjalankan tugas ini, seperti SSV-33 Ural dan Marshal Krylov.

Armada Luar Angkasa Uni Soviet
Setelah Uni Soviet bubar, hampir semua kapal dari Armada Luar Angkasa dibongkar di Pelabuhan Alang, salah satu kuburan kapal terbesar di dunia yang terletak di India.

Kapal terakhir dari Armada Luar Angkasa Angkatan Laut, Cosmonaut Victor Patsayev, telah pensiun pada tahun 2001 dan saat ini menjadi bagian dari World Ocean Museum di Kaliningrad.

Resources
  • https://www.rbth.com/science-and-tech/328318-soviet-naval-space-fleet