Thursday, July 19, 2018

F-15 Baru Akan Bawa Lebih Dari Dua Lusin Rudal

F-15 Eagle

Secara diam-diam Boeing telah menawarkan versi terbaru dari F-15 Eagle yang terkenal di dunia itu kepada Angkatan Udara AS (USAF). F-15 baru Boeing akan menggabungkan airframe baru dengan banyaknya jumlah rudal udara-ke-udara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Adalah F-15X yang akan membawa lebih dari dua lusin rudal udara-ke-udara, tiga kali lipat lebih banyak dari yang biasa dibawa jet tempur saat ini. Namun, USAF masih mempertimbangkan tawaran Boeing ini.

F-15 Eagle pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972. Dirancang sebagai jet tempur superioritas udara, F-15 dipersenjatai dengan empat rudal AIM-9 Sidewinder jarak pendek dipandu-inframerah dan empat rudal AIM-7 Sparrow jarak menengah dipandu-radar.

Selama puluhan tahun, F-15 telah secara konsisten membawa rudal dalam jumlah yang sama, sekarang ini membawa empat rudal Sidewinder AIM-9X dan pengganti AIM-7, AIM-120 AMRAAM. Pesawat pengganti F-15, F-22 Raptor, dapat membawa empat rudal Sidewinder dan enam AMRAAM, dan F-35 dapat membawa empat AMRAAM.

F-15 bukanlah jet tempur siluman, jadi keuntungannya adalah "kekuatan mentah." Selain itu, sementara jet siluman terbang dengan sedikit senjata yang disimpan secara internal untuk menjaga deteksi dari radar musuh, F-15 tentu bebas membawa sebanyak-banyaknya senjata di badan dan sayapnya.

Pada tahun 2017, Boeing mengusulkan varian Eagle 2040C, yang membawa rudal AMRAAM hingga 16 biji. Eagle 2040C mungkin dimaksudkan sebagai magazin terbang, yang mana Eagle akan terbang bersama-sama dengan jet tempur siluman seperti F-22 dan F-35. Selanjutnya F-15 akan menerima informasi penargetan dari jet tempur siluman, jadi ibarat sebagai magazin senjata F-22 atau F-35.

Setahun kemudian, Boeing rupanya telah meningkatkan jumlah rudal udara-ke-udara F-15 menjadi lebih dari dua lusin. Tidak jelas bagaimana Boeing melakukan ini. Sudah menjadi ketentuan, F-15 membawa empat rudal jenis AMRAAM di fuselage, sementara Eagle 2040C menambahkan quad pack dari empat rudal masing-masing ke wing pylon. Dengan asumsi dua quad pack pada setiap sayap ditambah centerline missile, hasilnya hanya 20 rudal, sedangkan ini lebih dari 24 buah.

Boeing mungkin akan menghadapi perjuangan berat untuk menjual Eagle ke USAF. Pasalnya harga jet tempur F-35A telah turun di bawah $ 90 juta untuk pertama kalinya dan pada akhirnya akan mencapai $ 85 juta, akhirnya membuat pesawat tempur baru itu kompetitif dalam harga untuk desain yang matang. USAF sebelumnya telah berkomitmen hanya akan membeli jet tempur  siluman, tetapi satu-satunya jet tempur siluman yang diproduksi saat ini adalah F-35, dan F-35 hanya dapat membawa empat rudal untuk mode siluman. (FR)