Wednesday, July 25, 2018

Empat Helikopter Tempur Canggih Milik TNI

Alutsista Tentara Nasional Indonesia (TNI) kini semakin canggih dan modern. Tidak hanya memiliki jet-jet tempur canggih, TNI juga punya helikopter serang/tempur yang mematikan bagi musuh.

Helikopter serang/tempur jenis apa saja yang dimiliki TNI? Berikut Empat Helikopter Tempur Canggih Milik TNI

1. Helikopter Mi-35P

Helikopter Mi-35 TNI AD
Prajurit Korps Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) berada di dekat helikopter Mi-35 buatan Rusia, di Markas Skadron 31/Serbu Penerbad Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/1/2018). ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Sebagai helikopter serang, Mi-35P TNI AD dilengkapi dengan roket S-8 kaliber 80mm. Heli ini juga dilengkapi pelontar chaff/flare untuk mengecoh rudal musuh dan kanon GSh-30 kaliber 30mm serta yang paling menakutkan adalah rudal anti-tank 9M120 Ataka atau AT-9 Spiral dalam kode NATO yang mampu menghajar sasaran seperti tank dan panser musuh dari jarak 8 kilometer serta bersifat fire and forget. Rudal ini memiliki kemampuan sulit di-jamming musuh sehingga tingkat perkenaan ke sasaran lawan sangatlah tinggi.

2. Helikopter AS565 MBe Panther Anti Kapal Selam

Helikopter AS565 MBe Panther TNI AL

Helikopter AS565 sangat ringan karena mempunyai bobot maksimum saat take off hanya 4,3 ton. Bodi helikopter merupakan kombinasi glass fibre yang diperkuat Nomex untuk menambah daya tahan dan sekaligus mengurangi berat helikopter.

Nomex juga dikenal sebagai bahan tahan api. AS565 Panther disokong dua mesin turboshaft Turbomeca Arriel 2C. Masing-masing mesin punya kekuatan 635 kW. Dengan mesin ini, Panther memiliki performa yang dapat diandalkan dalam kondisi apa pun, termasuk panas dan di ketinggian.

Panther memiliki daya jangkau deteksi keberadaan kapal selam musuh yang lebih luas. Sebab, helikopter ini memiliki dipping sonar L-3 Ocean Systems DS-100 Helicopter Long-Range Active Sonar (HELRAS).

Sebagai penghancur kapal selam, helikopter ini dilengkapi dengan dua torpedo. Jenis torpedo yang dapat dibawa adalah MK46 dari Amerika Serikat dapat menjadi bagian dari ASROC (Anti-Submarine ROCket) dan ranjau CAPTOR yang menggunakan sensor khusus yang akan melepaskan torpedo ketika mendeteksi musuh dan torpedo jenis A.244. Helikopter ini juga memiliki stabilitas yang baik untuk mendarat di atas kapal perang.

3. Helikopter Apache AH-64

Helikopter Apache AH-64

Helikopter Apache sendiri dilengkapi tiga jenis persenjataan. Pertama, kanon kaliber 30 milimeter yang memiliki jangkauan efektif 1.500 meter dan jangkauan maksimum 3 km. Kedua, roket hydra 2,75 inci dengan jangkauan efektif 3 km sampai 5 kilometer dan jangkauan maksimum 7 km, serta memiliki lethality distance 20 meter. Ketiga, misil AGM 114/R Hellfire yang memiliki jangkauan efektif sampai delapan meter dan mampu menghancurkan sasaran tank, baik bergerak maupun diam.

Apache AH-64E dibekali teknologi dan kemampuan yang super canggih seperti radar Longbow dan Multi Target Acquisition and Designation System (MTADS). Radar Longbow adalah sistem radar yang tersemat di baling-baling Apache. Sistem radar ini memiliki radar kendali tembak dan radar indentifikasi frekuensi. Persenjataan yang digunakan adalah peluru kendali AGM-114 Hellfire, Roket Hydra 70, AIM-92 Stinger, Aim-9 Sidewinder, dan Kanon M 230.

4. Helikopter Black Hawk

Black Hawk

Helikopter Black Hawk dipersenjatai dengan 2 x GAU-19 gatling senjata, 70 mm (2,75 in) Hydra 70 roket dan AGM-114 Hellfire laser yang dipandu rudal. Dengan mesin 2 x General Electric T700-GE-701C turboshaft, helikopter Black Hawk dapat melaju dengan kecepatan maksimum 159 kt (183 mph, 295 km/jam). (FR/M)