Monday, June 25, 2018

Korvet Siluman India Sambangi Makassar

INS Kamorta

Kapal perang Angkatan Laut India yaitu INS Shakti (A57) dan INS Kamorta (P28) berlabuh di Dermaga Soekarno Hatta, Makassar guna mempererat kerja sama dua negara. INS Kamorta adalah korvet siluman anti kapal selam (ASW), sedangkan INS Shakti adalah kapal tanker armada.

"Kedatangan kapal Angkatan Laut India ini bertujuan untuk lebih meningkatkan hubungan persahabatan dan mempererat kerja sama dengan TNI Angkatan Laut Indonesia dan juga akan melaksanakan berbagai kegiatan wisata dan sosial lainnya," kata Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono di Makassar, Sabtu.

Kedatangan kedua kapal perang India ini, disambut dengan iring-iringan musik Satuan Musik (Satsik) Lantamal VI dilanjutkan pengalungan bunga kepada Flag Officer Commanding Eastern Fleet Rear Admiral Dinesh K. Tripathi, NM beserta para Komandan Kapal Angkatan Laut India.

Dengan ucapan selamat datang di Makassar, tamu kehormatan tersebut disuguhkan tari adat Massa'nang dari Tana Toraja, Sulsel.

INS Shakti

Menurut Danlantamal VI, kedua kapal perang Angkatan Laut India ini direncanakan akan berada di kota Makassar selama empat hari dan akan melaksanakan bekal ulang (bekul) logistik untuk perjalanan kembali ke India setelah latihan bersama dengan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pulau Guam Amerika.

"Termasuk menggelar berbagai kegiatan diantaranya akan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Mako Lantamal VI, Pemda Sulawesi Selatan dan berbagai kegiatan persahabatan lainnya di daerah ini," imbuh Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo.

Sementara kunjungan ke kapal perang AL India ini adalah undangan khusus dari Flag Officer Commanding Eastern Fleet Rear Admiral Dinesh K. Tripathi sesai pelaksanaan penyambutan kapal perang India tersebut yang sandar di dermaga Soekarno Hatta Makassar.

Di atas kapal, Danlantamal VI beserta rombongan disambut di ruangan kerja komandan kapal Ins Shakti yang kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.

Sementara yang hadir dalam penyambutan kedua kapal asal India ini, Athan India Captain Jasdeep Singh Dhanoa, para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Dansatrol Lantamal VI serta para Kadis dan Forkopimda Sulsel.

Resources
  • http://kupang.tribunnews.com/2018/06/24/kapal-perang-angakatan-laut-india-kok-berlabuh-di-makassar-ada-apa-ya