Monday, June 25, 2018

Dilelang, Pesawat Pribadi Elvis Presley Lockheed JetStar 1962

Pesawat pribadi Elvis Presley

Berkarat, tak bermesin, dan telah duduk di landasan di New Mexico selama lebih dari 30 tahun - tetapi jet pribadi yang pernah dimiliki oleh Elvis Presley ini sedang dilelang untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari dua tahun.

Lockheed JetStar tahun 1962, setelah dimiliki bersama oleh Presley dan ayahnya Vernon, dijual "sebagaimana adanya" di situs lelang online IronPlanet.

Mesin pesawat itu telah hilang, kokpit perlu direstorasi, dan eksterior merah dan peraknya telah memudar dan ternoda oleh karat.

Interior pesawat pribadi Elvis Presley

Tapi rumah lelang sebelumnya, GWS Auctions mengklaim interior pesawat yang berusia 56 tahun itu dalam kondisi yang sama seperti saat ditinggalkan Presley, dengan gold-tone hardware, ukiran kayu, kursi beludru merah dan karpet merah", yang didesain khusus untuk "King of Rock and Roll" sendiri, masih utuh.

"Tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan pesawat itu," kata sebuah laporan dalam publikasi di Robb Report.

"(Pesawat) itu harus dibongkar dan dipindahkan ke suatu tempat - meskipun itu berpotensi memakan biaya jutaan (US dollar) jika direstorasi sepenuhnya."

Kokpit pesawat pribadi Elvis Presley

Ini adalah kali kedua jet sang Raja telah dilelang dalam dua tahun terakhir.

Pemiliknya saat ini membayar sebesar US $ 430.000 untuk pesawat Mei tahun lalu - jauh di bawah perkiraan harga jual sebesar $ 2-3,5 juta, menurut GWS Auctions dari 2017.

"Kali ini mungkin (harganya) bahkan kurang," kata Robb Report.

Lockheed JetStar 1962 adalah salah satu dari tiga jet pribadi yang dimiliki Presley.

Interior pesawat pribadi Elvis Presley

Wastafel Interior pesawat pribadi Elvis Presley

Dua pesawat koleksi Presley lainnya: Lisa Marie, Convair 880 tahun 1958 dinamai dengan nama putrinya, dan Hound Dog II, Lockheed JetStar lain yang ia beli pada 1975.

Keduanya dimiliki oleh Graceland Estate, menjadikan Lockheed 1962 sebagai satu-satunya pesawat milik pribadi yang sebelumnya dimiliki oleh Presley.

"Jet ini masih berpotensi untuk dipulihkan, dan ditempatkan di pameran untuk dunia datang melihat," kata GWS Auctions.

Lelang ini akan berakhir pada akhir Juli. Foto-foto lainnya dapat dilihat pada laman IronPlanet (lihat link diatas).