Wednesday, May 16, 2018

Putin Instruksikan Persiapan Produksi Massal S-500

S-400 Rusia disebarkan di Crimea

Presiden Rusia Vladimir Putin meminta perusahaan pertahanan negaranya mempersiapkan produksi massal sistem rudal S-500 Prometey. Pemimpin Kremlin ini juga menyerukan agar modernisasi senjata nuklir strategis dilanjutkan.

"Salah satu tugas utama adalah untuk meningkatkan cara perang anti-presisi. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan dan membangun pondasi teknologi di bidang pertahanan udara, untuk melanjutkan modernisasi sistem Pantsir," kata Putin.

"Untuk menyelesaikan pengembangan dan persiapan untuk produksi massal dari sistem terbaru S-500 yang mampu mencapai target di ketinggian super-tinggi, termasuk ruang antariksa di dekat bumi," lanjut Putin dalam pertemuan dengan petinggi Rusia dan eksekutif perusahaan sektor pertahanan.

Presiden yang juga mantan mata-mata KGB ini lantas menyerukan perusahaan pertahanan untuk melanjutkan modernisasi senjata nuklir strategis dan mempersenjatai kembali 14 resimen dengan sistem rudal balistik antar benua Yars sebelum akhir Desember.

"Kekuatan nuklir strategis memiliki kunci penting untuk pertahanan dan keamanan," katanya, yang dikutip kantor berita TASS, Rabu (16/5/2018).

"Sesuai dengan ketentuan program negara untuk persenjataan, kami akan melanjutkan penggantian kompleks rudal Topol yang sudah ketinggalan zaman dengan sistem Yars terbaru dan akan menempatkannya di atas meja peralatan di 14 resimen rudal," imbuh Putin.

S-500 Prometey yang juga dikenal sebagai 55R6M "Triumfator-M", adalah sistem pertahanan anti rudal yang saat ini sedang dikembangkan perusahaan pertahanan Rusia Almaz-Antey, dan direncanakan akan digunakan pada 2020.

S-500 adalah desain yang benar-benar baru, bukan merupakan upgrade dari S-400. S-500 dirancang untuk mencegat dan menghancurkan rudal balistik antarbenua, serta rudal jelajah hipersonik, dan pesawat terbang di ketinggian yang tinggi, dan mampu mendeteksi hingga 10 target yang berkecepatan supersonik.

Resources
  • https://international.sindonews.com/read/1306173/41/putin-minta-produksi-massal-sistem-rudal-s-500-disiapkan-1526412470
  • Gambar: Sputnik News