Thursday, May 03, 2018

Ejder Yalçın 4x4, Kendaraan Tempur Lapis Baja Beroda Turki


Ejder Yalçın adalah kendaraan tempur lapis baja taktis beroda yang dirancang dan diproduksi oleh Perusahaan Turki Nurol Makina. Ejder Yalçin diresmikan di IDEF, pameran pertahanan Turki pada Mei 2013 dan produksinya dimulai pada 2014.

Ejder Yalçın 4x4 adalah kendaraan tempur unik yang menggabungkan fungsi perlindungan dan mobilitas tinggi. Kendaraan ini dikembangkan untuk memenuhi persyaratan operasional unit militer dan pasukan keamanan di setiap wilayah, termasuk daerah pedesaan dan perkotaan.

Selama pengembangannya, kebutuhan operasional & ergonomis pengguna juga dipertimbangkan, hingga lahirlah kendaraan yang efisien dan lebih aman di medan perang modern.

Dengan desainnya yang unik dan kapasitas muatan yang besar, Ejder Yalçın 4x4 dapat dikonfigurasi untuk berbagai aplikasi militer dan keamanan. Dengan mesin diesel yang kuat, kemampuan torsi yang tinggi dan sistem suspensi independen penuh, kendaraan ini menawarkan kinerja off-road yang superior.


Varian

Ejder Yalçin dapat dikonfigurasi untuk digunakan sebagai kendaraan keamanan dan pengawas perbatasan, pertahanan udara, intai, komando dan kontrol, mine/IED detection-clearence, tempur, angkut personil, surveilans CBRN (chemical, biological, radiological and nuclear ), ambulance, dan peluncur rudal.


Persenjataan

Ejder Yalçin 4x4 dapat dilengkapi dengan berbagai jenis stasiun senjata remote control dan dioperasikan secara manual sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Persenjataan standar Ejder Yalçin termasuk ASELSAN SARP (Stabilized Advanced Remote Weapon Platform) remote controlled weapon station (RCWS) yang dapat dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 atau 12,7mm, dan peluncur granat otomatis 40mm.

Turret SARP memiliki kemampuan dan opsi lanjutan seperti: Kemampuan Fire-on-the-move - Day and night imaging - Automatic target tracking - Laser Range Finder untuk akurasi balistik - Last round warning - Manuel back-up.

Jenis persenjataan lain dapat dipasang pada Ejder Yalçin seperti sistem rudal anti tank (Hellfire, Javelin, Kornet-E, Omtas, dan Shershen) dan Very-Short Air Defense System (VSHORAD) seperti sistem IGLA.


Desain dan perlindungan

Desain Ejder Yalçin adalah konvensional dengan mesin di bagian depan, kru di bagian tengah dan kompartemen pasukan di bagian belakang. Kendaraan dapat membawa total 12 personil militer termasuk pengemudi dan komandan.

Lambung Edjder Yalcin adalah konstruksi baja lapis baja all-welded yang memberikan perlindungan balistik dari senjata ringan dan shell splinters.

Kendaraan ini didasarkan pada struktur monocoque dengan lambung lapis baja berbentuk V yang meningkatkan keselamatan kendaraan dan awak dengan membelokkan ledakan dari ranjau darat atau Improvised Explosive Devices (IED) jauh dari kendaraan. Kendaraan ini juga mengintegrasikan floating floor plates yang memberikan perlindungan lebih baik terhadap ledakan ledakan ranjau di bawah kendaraan.

Perlindungan balistik dapat ditingkatkan dengan menggunakan armor tambahan. Opsinya, kendaraan dilengkapi dengan baju besi untuk memberikan perlindungan lebih terhadap ancaman RPG (Rocket Propelled Grenades). Berdasarkan standar STANAG 4569 NATO, kendaraan ini memiliki tingkat perlindungan ranjau hingga 4a 3b.

Ada dua jendela antipeluru besar di bagian depan kendaraan yang dilengkapi dengan pelindung jaring. Dua pintu tunggal dipasang di setiap sisi kendaraan yang terbuka ke depan. Kompartemen pasukan di masing-masing sisi memiliki dua jendela kecil antipeluru dengan pelindung jaring dan satu pintu keluar di bagian belakang. Ada satu jalan keluar di atap.

Ejder Yalçin memiliki berat kotor dari 12.000 kg hingga 14.000 kg tergantung konfigurasi armor dengan muatan maksimum 4.000 kg.


Mobilitas

Kendaraan lapis baja beroda Ejder Yalçin digerakkan oleh mesin Cummins Diesel yang bertenaga 300 hp. Kecepatan maksimum kendaraan ini 110 km dengan daya jelajah maksimum 600 km. Mampu berakselerasi dari 0 km/jam hingga 40 km/jam dalam waktu enam detik.

Dibekali double wishbone, dan sistem suspensi independen untuk semua roda. Juga dilengkapi dengan latitudinal and longitudinal differential locking systems, serta ban lebar dengan diameter besar.

Kendaraan dapat menyeberangi parit selebar 1,1m, memanjat lereng dengan kemiringan 30% dan gradien 70%, dan terendam 0,7m tanpa perlu persiapan.


Aksesoris

Peralatan standar dari Ejder Yalçin diantaranya kursi mitigasi individu untuk memberikan perlindungan terhadap ranjau dan improvised explosive devices (IED).

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan ban run-flat, engine pre-heating system dan ban serep yang dipasang di bagian belakang.

Ejder Yalçin dapat dilengkapi dengan berbagai jenis peralatan termasuk self-recovery winch, day or night-vision systems, rear ramp, dan explosion suppression and fire-fighting systems untuk kompartemen awak.


Spesifikasi

PersenjataanArmor
Satu senapan mesin hingga kaliber 12,7 mm atau satu peluncur granat otomatis 40 mmPerlindungan balistik standar dari senapan ringan dan shell splinters. Perlindungan ranjau 4a 3b berdasarkan STANAG 4569
PenggunaBobot
Turki, Tunisia, Uzbekistan, Senegal14.000 kg
ProduksiKecepatan
Turki - Nurol Makina120 km/jam
AksesorisJangkauan
Ban run-flat, engine pre-heating system dan ban serep yang dipasang di bagian belakang. Berbagai jenis peralatan termasuk self-recovery winch, day or night-vision systems, rear ramp, dan explosion suppression and fire-fighting systems untuk kompartemen awak.700 km
KruDimensi
Maksimal 11Panjang: 5.42 m; Lebar: 2.48 m; Tinggi: 2.30 m


Resources
  • AR