Monday, April 23, 2018

DARPA Ingin Persiapan Peluncuran Roket Hanya Hitungan Hari

SpaceX - peluncuran

Untuk mengirimkan roket ke luar angkasa dibutuhkan waktu persiapan hingga beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun.

DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) - Badan riset militer Amerika Serikat yang sering melakukan riset hal-hal yang tak lazim - percaya, waktu tersebut bisa dipangkas hingga menjadi beberapa hari saja.

DARPA belum lama ini memulai Launch Challenge, yang menantang perusahaan-perusahaan pengirim roket menekan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan roket ke luar angkasa menjadi dalam hitungan hari, bukan bulan apalagi tahun, lapor Engadget.

Perusahaan pengirim roket harus bisa membuat sistem yang bisa meluncurkan roket ke orbit rendah Bumi dari tempat yang lain hanya dengan jeda waktu beberapa hari, tanpa pemberitahuan akan misi itu sejak lama.

Perusahaan akan tahu dimana tempat peluncuran dilakukan dalam waktu "beberapa minggu" sebelum peluncuran dan mereka akan tahu tentang beban yang diangkut hanya dalam waktu beberapa hari sebelum roket diterbangkan.

Kompetisi ini akan diadakan pada akhir 2019. Untuk membuat para perusahaan pengirim roket tertarik, DARPA menyiapkan hadiah yang tidak sedikit.

Untuk posisi pertama, DARPA menyiapkan USD 10 juta (Rp 139 miliar), USD 9 juta (Rp125 miliar) untuk posisi dua dan USD 8 juta (Rp 111 miliar) untuk posisi tiga. Dan semua tim yang bisa mengirimkan satu roket akan mendapatkan USD2 juta (Rp 27,7 miliar).

Dalam kompetisi ini, kecepatan tidak menjadi satu-satunya tolok ukur. Para juri juga akan menilai tingkat akurasi, muatan yang dibawa dan juga massa roket itu sendiri.

Jika perusahaan pengirim roket memang bisa memotong waktu persiapan pengiriman roket, ini akan membantu militer untuk mengirimkan satelit komunikasi dan mata-mata Meskipun begitu, tantangan ini juga bisa membantu peluncuran berbagai jenis satelit di masa depan.

Article Resources
  • http://news.metrotvnews.com/read/2018/04/23/864366/militer-as-ingin-bisa-luncurkan-roket-dalam-hitungan-hari