Saturday, January 25, 2014

Kapal Selam Mini Buatan Vietnam Sukes Diuji coba

Kapal selam mini Vietnam

Setelah satu minggu diuji coba, kapal selam mini yang dibuat oleh seorang mekanik Vietnam sekarang sudah bekerja sempurna dan berfungsi penuh. Nguyen Quoc Hoa, sang pembuat kapal selam mini, mengatakan kepada surat kabar online lokal Lao Dong pada hari Kamis bahwa mesin-mesin dalam kapal selam mini telah beroperasi dengan baik sejak pertama dirancang.

"Uji coba sukses terhadap mesin-mesin internal kapal selam mini, termasuk sistem generator, sistem pasokan oksigen, filter udara dan sistem radar," kata Hoa.

Secara khusus, Hoa menambahkan bahwa kapal selam mini buatannya telah berhasil menerapkan teknologi canggih Air Independent Propulsion (AIP) saat menyelam. Teknologi AIP umum digunakan pada kapal-kapal selam canggih non-nuklir saat ini. Yang memungkinkan kapal selam untuk tetap bisa terus beroperasi tanpa perlu mengakses oksigen (dengan muncul ke permukaan atau menggunakan snorkel).

Kapal selam mini Vietnam
Kapal selam mini buatan Nguyen Quoc Hoa
Hoa, yang merupakan seorang direktur dari sebuah perusahaan rekayasa di bagian utara Provinsi Thai Binh Vietnam, sekitar 110 km sebelah tenggara dari ibukota Hanoi, mulai membuat kapal selam mini itu sejak awal 2013.

Kapal selam mini buatan Hoa memiliki bobot benaman 12 ton (tidak disebutkan apakah ini bobot benaman saat mengapung atau menyelam), dan mampu beroperasi pada kedalaman maksimum 50 meter dan mampu menempuh perjalanan sejauh 800 km dalam waktu 15 jam (sekitar 53 km/jam atau 28 knot- terbilang cepat).

Menurut Hoa, kapal selam mininya ini dirancang untuk dioperasikan di muara sungai atau laut dangkal untuk tujuan sipil seperti penelitian sumber daya alam kelautan dan perlindungan lingkungan, kata Hoa.