Wednesday, April 17, 2013

India Siap Transfer Teknologi Alutsista ke Indonesia

Dubes India bersalaman dengan Wamenhan
 
Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, menerima kunjungan kehormatan Duta Besar India untuk Indonesia HE Gurjit Singh di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu, 17 April 2013. Kedatangan Dubes India menemui Wamenhan ini adalah untuk membicarakan kemajuan hubungan kerjasama pertahanan antara kedua negara dan upaya untuk meningkatkannya. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menhan India A.K Antony menemui Menhan RI Purnomo Yusgiantoro pada Oktober tahun lalu.
 
Dalam pertemuan ini, Wamenhan menjelaskan dalam rangka peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara, Indonesia ingin melakukan transfer teknologi dengan industri pertahanan India karena saat ini industri pertahanan India telah sampai pada taraf advance. Sedangkan dalam hal kerjasama militer, Wamenhan berharap kedua negara dapat lebih bekerjasama dalam bidang peningkatan capacity building personelnya.

Dalam pertemuan ini Dubes India untuk Indonesia, juga menyatakan bahwa dalam upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara, India menyadari saat ini Indonesia sedang berupaya meningkatkan kemampuan alutsista dan industri pertahanan dalam negerinya. Karena itu India menawarkan joint production dan transfer teknologi dari beberapa alutsista yang diproduksinya.

Selain itu, dengan disadari pentingnya bekerjasama dalam pengamanan perdagangan di perairan yang sangat penting saat ini, dirinya juga menyambut baik rencana diadakannya pembicaraan trilateral antara Indonesia, Australia dan India mengenai Samudra India.