Sunday, March 03, 2013

China Siap Jadi Pengimpor Pertama S-400 Rusia

S-400

China mungkin akan menjadi pengimpor pertama sistem rudal permukaan-ke-udara baru Rusia S-400 Triumf (Triumph), menurut seorang pejabat tinggi di lembaga perdagangan senjata pemerintah Rusia, mengatakan beberapa waktu lalu. Hal ini terkait minat China untuk mengakuisisi sistem pertahanan rudal tersebut.

Sistem pertahanan rudal S-400 memang telah membangkitkan minat besar bagi negara-negara di dunia, ujar Vyacheslav Dzirkaln, wakil direktur Dinas Federal untuk Kerjasama Teknologi Militer Rusia, mengatakan kepada IIntervax-AVN saat pameran persenjataan internasional IDEX di Uni Emirat Arab.

"Ada minat yang besar untuk sistem rudal permukaan-ke-udara kami dari negara-negara asing. Mengenai hal itu, kemungkinan kami akan mendiskusikannya lagi untuk mengekspor mereka (S-400 Triumf) setelah kami memenuhi kebutuhan dalam negeri, dengan kata lain, ketika kami sudah memasok seluruh satuan militer Rusia dengan S-400," kata Dzirkaln.

S-400 memang relatif mahal, dan belum tentu setiap negara mampu membelinya, katanya. "Saya tidak bisa mengesampingkan kemungkinan bahwa China akan menjadi negara asing pertama yang membeli sistem tersebut," kata Dzirkalin. (FS)