Sunday, November 25, 2012

Malaysia dan Vietnam Lirik Jet Latih Tempur Yak-130 Rusia

Yak-130 Mitten
Yak-130 Mitten (Foto: Adrian/Flickr user via  Wikimedia)

Pada pameran kedirgantaraan Zhuhai Airshow, 14 November lalu di China, Malaysia dan Vietnam menyatakan ketertarikannya untuk membeli pesawat latih tempur Yakovlev Yak-130 Mitten buatan Rusia, seperti yang dikonfirmasi delegasi Rusia di Zhuhai Airshow kepada kantor berita Rusia RIA Novosti.

"Malaysia membutuhkan pesawat latih tempur dalam waktu dekat untuk menggantikan pesawat tua M-339 buatan Italia," kata delegasi Rusia itu.

"Kemungkinan besar Malaysia akan membeli Tak-130. Malaysia telah menjadi salah satu pengimpor besar pesawat militer Rusia dan pesawat-pesawat Rusia telah dipakai oleh mereka selama bertahun-tahun," katanya.

Hal yang sama juga mengacu pada Vietnam, yang telah membeli jet tempur Rusia Sukhoi Su-30MK2 di masa lalu, sumber tersebut menambahkan.

Yak-130 Rusia juga menjadi pesaing dalam tender pengadaan enam jet tempur ringan ke Filipina untuk menggantikan pesawat Northrop F-5A Tiger Fighter buatan Amerika Serikat yang sudah mereka pensiunkan.

Yak-130 adalah pesawat yang sangat bermanuver dengan jarak tempuh operasional yang ditingkatkan menjadi 1.250 mil (2.000 km) dan kecepatan maksimum  1.060 km/jam. Pesawat ini mampu membawa persenjataan tempur hingga 3 ton, yang terdiri dari berbagai senjata yang dikembangkan oleh Rusia dan Barat.

Yak-130 telah dipilih sebagai pesawat latih tempur dasar untuk pelatihan pilot Angkatan Udara Rusia sejak tahun 2009.